Breaking News
Loading...
Thursday, 21 June 2012

Info Post
Matematika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang menjadi dasar dari ilmu lainnya. Menurut pendapat para ahli bahwa matematika sebagai pelayan dan sekaligus raja dari ilmu lainnya, yaitu sebagai dasar dari ilmu pengetahuan dan sebagai pelayan berbagai ilmu pengetahuan lainnya. Matematika sudah dikenal sejak beribu-ribu tahun sebelum masehi. Ilmu matematika dapat menjadi dasar dalam pembuatan komputer, robot, ekonomi, keuangan, sosial, dan lain sebagainya.

Banyak yang beranggapan bahwa matematika adalah ilmu yang sangat membosankan. Hal ini tentu saja tidak jika kita dapat merobah mindset tersebut sehingga matematika menjadi menyenangkan dan bahkan menjadi hobby buat kita dalam memecahkan masalah matematika tersebut.Matematika bisa kita anggap sebagai permainan seperti halnya detektif dalam memecahkan masalah melalui berbagai trik dan intrik. Dalam satu masalah dapat menggunakan berbagai macam metode dan cara sehingga menghasilkan solusi yang sama.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan orang tidak menyukai matematika, yaitu :

1. Anggapan mereka bahwa "Matematika adalah ilmu yang sangat sulit sehingga mereka yang memiliki IQ minimal tertentu akan sangat sulit memahaminya". Hal ini sangatlah SALAH. Coba kita tanamkan dipikiran kita bahwa Ilmu Matematika adalah Ilmu yang relatif mudah jika dibandingkan ilmu lainnya. 
Sebut saja kita menguasai ilmu ekonomi, pasti pada dasarnya adalah matematika ada didalamnya, ilmu sosial yang menjelaskan mengenai penduduk juga ada matematika. Anak kecil yang belanja ke warung dengan menggunakan uang juga menggunakan dasar matematika.
Jadi sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sudah menggunakan matematika. Matematika tidak lah sulit bukan. Paling tidak konsep bilangan dan ukuran sudah dikuasai maka pekerjaan analisis dan menghitung sudah menjadi hal yang menyenangkan dan mudah.

2. Anggapan mereka bahwa " Matematika adalah ilmu hafalan rumus". Hal ini mengakibatkan kita jadi malas dan tidak mengerti matematika. Seharusnya bukanlah menghafal rumus. Rumus dalam matematika memang banyak, namun rumus tersebut hanyalah sebagai ringkasan dalam teori matematika sehingga mudah diingat.
Rumus bukanlah dihafal namun setelah konsep dipahami maka rumus pun akan mudah untuk diingat.

3. Anggapan mereka bahwa "Matematika berhubungan dengan kecepatan berhitung".Hal ini tidak lah menjadi hal terpenting dalam matematika. Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting dalam menggunakan matematika. Konsep dipahami sehingga rumus dapat digunakan dan pemecahan masalah pun dapat terselesaikan. Jika dilakukan dengan tekun maka kecepatan pun akan diperoleh. 



4. Anggapan mereka bahwa "Matematika adalah ilmu abstrak sehingga tidak nyata". Hal ini sangatlah salah, seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan jauh dari matematika. Untuk menentukan waktu kita menggunakan bilangan matematika, menentukan lamanya bekerja, menciptakan alat elektronik, ilmu sosial dan sebagainya juga didasarkan matematika.Ilmu perfilman, musik, astronomi, udara juga menggunakan konsep matematika. Jadi Matematika adalah ilmu yang selalu diterapkan dalam kehidupan nyata.


5. Anggapan mereka bahwa "Matematika adalah ilmu yang kaku dan membosankan". Hal ini sangat salah. Orang yang pintar bermatematika lebih sering kreatif dan inovatif, karena memiliki kecerdasan berkreasi yang sangat baik. Dalam penyelesaian permasalahan matematika seperti kata pepatah bahwa "Ada banyak jalan menuju ke Roma". Ada banyak cara dan metode untuk menyelesaikan satu masalah dan persoalan dalam matematika. Seperti pemecahan sistem persamaan linear ada tiga metode yaitu metode eliminasi, substitusi dan grafik. 
Matematika bukanlah ilmu yang kaku dan membosankan. Banyak diantara mereka menjadikan matematika seperti sebuah permainan angka yang menimbulkan kenyamanan dan kreatif serta kebebasan dalam mengerjakannya demi tercapai solusi yang benar.

So..mulai sekarang robahlah pandangan yang menganggap matematika sebagai ilmu yang sulit, menakutkan dan tidak ada gunanya menjadi Ilmu yang sangat mudah, menyenangkan dan sangat berguna dalam kehidupan.

Kalau tidak ada matematika komputer, handphone, games elektronika pun ga mungkin tercipta, sehingga kecanggihan elektronik tidak akan ada...


Sumber : Lima mitos sesat seputar matematika

0 Please Leave Comments here: