Breaking News
Loading...
Thursday, 5 December 2013

Info Post
Semua orang akan berbicara bahwa hidup adalah perjuangan. Perjuangan untuk meraih apa yang kita harapkan. Perjuangan untuk memperoleh apa yang kita butuhkan. Hidup bukan hanya sekedar menerima apa adanya. Setiap makhluk yang bernyawa memiliki tujuan untuk hidup. Untuk menggapai tujuan inilah mereka berjuang dengan semaksimal mungkin.

Hidup adalah pilihan. Pilihan kita untuk menjadi lebih baik atau untuk menjadi tidak baik. Hidup tergantung pada diri kita bagaimana memandangnya dan selanjutnya tergantung pada lingkungan yang mempengaruhi kita. Kadang kita tidak dapat mengendalikan diri kita saat mencapai suatu tujuan hidup.

Dalam kehidupan kita tidak akan terlepas dari masalah. Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan menghadapi masalah. Baik masalah dalam diri sendiri, masalah dalam keluarga, masalah percintaan, masalah pertemanan, masalah dalam kantor, masalah dalam sekolah atau masalah lainnya. Dibutuhkan perjuangan untuk menyelesaikan masalah. Perjuangan keras atau tidaknya tergantung daripada cara pandang kita terhadap masalah.

Cara pandang kita terhadap masalah ada dua, yaitu secara negatif atau positif. Cara pandang masalah disisi negatif bahwa kita menanggap masalah sebagai sesuatu hal terburuk dalam hidup kita, seperti racun yang mematikan pikiran dan hati kita. Sedangkan cara padang positif terhadap masalah adalah melihat masalah sebagai guru atau tempat pembelajaran hidup agar lebih baik kedepannya. Dengan adanya masalah banyak pengalaman dan hikmah yang kita peroleh. Dengan adanya masalah, biasanya kita akan lebih dekat kepada sang pencipta, dengan adanya masalah, mental dan cara pandang kita akan berbeda dengan sebelumnya. Apapun itu masalah yang kita hadapi, secara positif kita bisa anggap sebagai guru yang mengajarkan kita kepada kebaikan.

Cara menyelesaikan masalah yang baik adalah melalui introspeksi diri. Melakukan pembenahan terhadap diri kita agar lebih baik. Hidup adalah pilihan, untuk itu pilihlah kepada kebaikan, dengan mengintrospeksi diri sehingga kita dapat menjalaninya dengan jujur dan ikhlas.

Dalam hidup, kita tidak hanya sebagai peminta kepada sang Pencipta. Kita wajib untuk berjuang, baik untuk kebahagiaan dunia dan kebahagiaan akhirat. Kebahagiaan tidak dapat diukur dengan materi atau pun uang. Kebahagiaan tidak dapat dibeli dengan uang. Namun demikian, kebahagiaan tidaklah gratis. Untuk memperoleh kebahagiaan kita wajib membayarnya dengan perjuangan. Dan selanjutnya adalah kita harus banyak bersyukur atas apa yang diberikan Pencipta kepada kita. Dengan bersyukur hati akan tenang dan sang Pencipta pun akan menambahkan nikmat dan rejeki Nya kepada kita.

Perjuangan lainnya adalah pejuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia, baik kebutuhan pokok, primer atau pun tersier. Perjuangan akan menggapai cita-cita atau pun kebutuhan akan jabatan, pendidikan atau pun prestasi. Hal ini merupakan perjuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia. Namun semua ini belum tentu mengantarkan kita kepada kebaikan. Kuncinya adalah bersyukur. Berjuang dengan rasa syukur membuat hidup kita akan terasa indah.

Perjuangan selanjutnya adalah perjuangan untuk memenuhi kebutuhan setelah hidup. Ini lebih dekat kepada agama dan Tuhan. Kebutuhan hidup di dunia terpenuhi , tidak akan ada artinya jika kita tidak mempersiapkan kebutuhan setelah hidup di dunia. Untuk itu persiapkan diri kita selama hidup di dunia untuk mendapatkan kebutuhan dan kebahagiaan hidup di akhirat.

Jadi hidup adalah perjuangan untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Selalu bersyukur dan ikhlas, sehingga semua masalah yang datang kepada kita dapat terselesaikan dengan baik dan benar.  Jika kita tidak dapat menyelesaikan masalah jangan pandang sebagai suatu kegagalan. Namun pandang sebagai sesuatu kesuksesan yang tertunda. Berarti dalam hidup kita sebenarnya tidak ada kata gagal kalau kita benar-benar berjuang dalam memperolehnya.

Saya pernah mengalami kegagalan dan saya juga pernah memperoleh masalah. Begitu juga anda. Namun dengan berintrospeksi diri kita dapat mengatasi semuanya dengan baik.


"TIDAK ADA KEGAGALAN DALAM KEHIDUPAN, JIKA KITA BERSUNGGUH-SUNGGUH UNTUK MEMPERJUANGKANNYA DENGAN JUJUR DAN IKHLAS."

0 Please Leave Comments here: