Breaking News
Loading...
Thursday, 16 January 2014

Info Post
"Apa Sih Gunanya Belajar Matematika". Mendengar judulnya mungkin ada beberapa jawaban yang dapat diberikan. Mungkin ada yang bilang karena merupakan mata pelajaran wajib di sekolah atau karena matematika dasar dari segala ilmu, atau karena dengan matematika kita dapat mengasah otak dengan berbagai trik yang diberikan oleh matematika dalam menyelesaikan masalah.

Banyak orang yang tidak menyukai matematika bahkan ada yang alergi atau merasa takut mempelajari matematika. Mungkin berbagai alasan yang terjadi, karena cara belajar dan mengajar yang tidak tepat, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam mempelajarinya.

Saya sangat menyukai matematika. Mulai dari hitungan, pembuktian, analisa dan pengujian dengan matematika. Aljabar, analisis bilangan riil, geometri, kalkulus, statistik, dan masih banyak bagian-bagian dari ilmu matematika yang sangat memberikan efek positif bagi kehidupan kita sehari-hari. Awalnya saya berpikir dalam mempelajari matematika hanya dibutuhkan kalkulator dan hitung-hitungan. Namun hal tersebut adalah salah besar. Karena lebih menekankan pada analisa, pemahaman, logika dan imajinasi.

Nah, berdasarkan pengalaman dan menurut beberapa pendapat orang-orang mengenai manfaat belajar matematika dalam kehidupan kita sehari-hari, diantaranya adalah:
  • Matematika mengajarkan kita untuk bersikap pantang menyerah. Semua hal yang berhubungan dengan matematika pada umumnya adalah bersifat pasti. Sehingga permasalahan dan pembuktian matematika pasti dapat diselesaikan, walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam menyelesaikannya kita akan menggunakan berbagai metode sehingga permasalahan tersebut pasti terselesaikan. Hal ini mengajarkan kita untuk dapat menyelesaikan masalah dan memperoleh apa yang kita harapkan tanpa kenal lelah dan pantang menyerah.
  • Matematika mengajarkan kita berpikir kritis. Dalam menyelesaikan persoalan matematika, banyak cara dan metode yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan sebuah jawaban yang tepat. Dalam hal ini mengajarkan kita untuk dapat berpikir kritis memilih metode mana yang paling efisien untuk digunakan. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari, dalam menyelesaikan permasalahan kita memiliki banyak cara dan kita harus kritis memilih cara yang tepat, efektif dan efisien.
  • Matematika mengajarkan kita berpikir sistematis. Melalui aturan-aturan dan urutan-urutan dalam pemecahan soal-soal matematika, dapat membiasakan diri kita untuk berpikir dan bertindak teratur sistematis. Apa-apa yang dikerjakan harus ada dasar dan menurut aturan. Sehingga kita dapat menyelesaikan masalah dengan mudah tanpa melanggar aturan yang ada.
  • Matematika mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang lebih teliti, cermat dan tidak ceroboh. Dalam menyelesaikan soal-soal matematika, kita harus memperhatikan angka-angka dan metode yang tepat serta analisis yang tepat. Menulis angka, penempatan koma, operasi bilangan dan hal lainnya harus dilakukan sangat teliti, cermat dan tidak tergesa-gesa. Karena jika ada yang salah dapat berakibat fatal pada solusi akhirnya. Untuk itu matematika dapat mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang lebih teliti, cermat dan tidak ceroboh agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang fatal.
  • Matematika mengajarkan kita untuk sabar. Dalam menyelesaikan persoalan matematika tidaklah mudah. Tapi kita yakin dapat menyelesaikannya walaupun dalam waktu cukup lama. Sikap pantang menyerah, ketelitian saat kita menyelesaikan persoalan yang rumit dan sangat panjang. Kita tidak putus asa dalam menyelesaikannya. Jika ada yang salah dalam analisanya, kita akan berusaha untuk  memperbaiki hingga benar. Dan bahkan kita ulang dari langkah awal hingga persoalan tersebut dapat terselesaikan. Ada rasa kepuasan dalam hati setelah persoalan tersebut terselesaikan dengan jerih payah sendiri dan bukan hasil contekan, sehingga memperoleh jawaban yang akurat. Hal ini mengajarkan kita untuk bersikap sabar dalam menghadapi persoalan hidup karena kita yakin suatu saat akan memperoleh kebahagiaan dan hasil yang positif daripadanya.
  • Matematika adalah dasar dari semua ilmu. Bukan hanya dalam hitungan namun dalam cara berpikir yang dapat diterapkan dalam semua ilmu pengetahuan. Dalam bidang ekonomi, sosial, politik, kriminal dan bidang lainnya, berpikir dengan matematika sangat menunjang dalam ilmu pengetahuan lainnya.
  • Matematika mengajarkan kita untuk berpikir deduktif. Kesimpulan diambil berdasarkan hal yang bersifat umum, bukan hal yang bersifat khusus sehingga kita terhidar dari kesimpulan secara kebetulan. Seperti halnya mitos yang percaya bahwa kecelakaan kereta api yang terjadi, banyak yang beranggapan bahwa karena lokasi tersebut meminta tumbal atau nyawa sehingga selalu terjadi kecelakaan di lokasi tersebut. Namun sebenarnya, harus dianalisa lagi secara logis, apa penyebabnya, mungkin karena rel yang rusak, mesin yang rusak, atau hal lain yang lebih rasional.
  • Matematika mengajarkan kita untuk tidak akan mudah mempercayai suatu kejadian dalam sekejap. Akan dicari semua alasan dari suatu kejadian dan berusaha untuk berpikir positif dalam menerimanya. Karena semua kejadian pasti ada sebab dan alasan mengapa kejadian tersebut terjadi.
  • Matematika mengajarkan kita untuk bersikap tegas dalam mengambil keputusan. Tidak akan menyukai hal-hal yang bertele-tele dan tidak pasti. Semua hal diputuskan secara logis dan sesuai dengan apa yang dilihat, analisa yang tepat dan aturan yang ada.

Nah itu beberapa manfaat dari belajar matematika sangat positif bukan.... 

Tidak ada alasan untuk tidak menyukai matematika. Jika kita sering latihan, penasaran akan jawabannya dan selalu mempelajari berbagai metode penyelesaian persoalan matematika dengan benar, maka matematika itu sangat mudah dan sangat menarik. Pembelajaran matematika merupakan pengembangan pola pikir yang rasional dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Matematika itu indah bukan. Banyak hal positif yang kita peroleh dari pembelajaran matematika. Buang semua pikiran negatif yang tidak menyenangi pembelajaran matematika, bukan hanya itu semua pelajaran dan hal kehidupan lainnya. Jika kita menyenanginya maka kita akan mengikutinya dengan penuh keyakinan dan kesabaran, sehingga kita akan mampu bertahan dan menjaganya.

Soo...Enjoy and Love with Mathematics...
We Love Mathematics...

0 Please Leave Comments here: