Breaking News
Loading...
Saturday, 25 January 2014

Info Post
Tulisan ini terinspirasi dari hasil percakapan saya dengan seseorang. Dalam fisika atau matematika kita kenal dengan istilah vektor yaitu sesuatu yang memiliki nilai dan arah. Sama halnya dengan diri kita yang memiliki nilai untuk diri kita sendiri, orang lain dan bernilai dimata Tuhan. Bernilai untuk diri kita sendiri untuk bertahan hidup di dunia dan mencari keridhaanNya untuk hidup di akhirat. Bernilai bagi orang lain untuk dapat saling berbagi dalam hal positif. Dan bernilai untuk Allah SWT sebagai hambaNya yang senantiasa mematuhi perintahNya dan meninggalkan laranganNya.

Hidup kita selain memiliki nilai juga memiliki arah. Arah dalam hal ini adalah tujuan hidup atau visi hidup kita di dunia dan akhirat. Mau kita bawa kemanakah hidup kita saat ini. Apakah akan tetap seperti biasa-biasa saja atau akan menjadi orang yang hebat, atau malah sebaliknya. Itu semua ada ditangan dan usaha kita sendiri dengan bantuan Allah SWT dan dukungan orang sekeliling kita. Hidup yang memiliki tujuan berarti kita memiliki semangat dan motivasi dalam mencapainya. Mereka akan mencapai tujuan tersebut dengan usaha yang semaksimal mungkin, berdoa dan memiliki keyakinan akan tercapainya tujuan tersebut. 

Masa hidup adalah masa lalu, masa saat ini dan masa akan datang. Masa lalu adalah sebuah kejadian yang sudah terjadi. Kejadian tersebut terjadi sebelum masa sekarang. Ada yang menyebutkan masa lalu adalah kenangan, yaitu kejadian yang tidak terlupakan, apapun usaha yang kita lakukan untuk melupakannya, tetap tidak akan terlupakan. Baik kejadian yang positif atau pun negatif. Namun bukan berarti kita harus sibuk memikirkan semua kejadian sedih dimasa lalu dan bersedih, hingga mematikan semangat kita untuk hidup saat ini dan masa akan datang. Ataupun sibuk mengingat kebahagiaan dimasa lalu tanpa melakukan apa-apa dimasa sekarang.  

Masa lalu bisa kita ambil sebagai pembelajaran yang positif. Sebagai pembelajaran agar kejadian buruk dimasa lalu tidak terulang lagi. Kita berusaha melakukan segala hal dengan sebaiknya agar kejadian buruk dimasa lalu tidak terulang lagi.Jika anda diberi kesempatan untuk kembali ke masa lalu, apakah yang akan Anda lakukan. Memperbaikinya agar menjadi baik di saat ini ataukah tidak akan melakukan apa-apa sehingga tidak terjadi resiko. Jika kita terlalu sibuk memikirkan masa lalu, maka akan ada bahaya bagi kehidupan kita saat ini dan masa akan datang. Karena kita tidak memperhatikan bagaimana kehidupan saat ini dan akan datang.

Hari ini adalah apa yang kita rasakan dan lakukan pada saat ini. Hari ini akan ada setelah masa lalu. Hari ini adalah masa depan dari masa lalu. Janganlah terlalu sibuk memikirkan masa lalu, namun kita sebaiknya fokus pada hari ini dan masa akan datang. Bagaimana arah kita dan mau dibawa kemana hidup kita dimasa akan datang. Bukan berarti hanya fokus terhadap kehidupan dunia namun kita juga harus mengingat hidup kita diakhirat nanti. Tentu kita akan memilih sukses di dunia dan diakhirat. Kita tidak boleh melupakan kewajiban kita sebagai hamba-Nya, wajib melakukan apa yang diperintah-Nya dan meninggalkan semua larangan-Nya, agar memperoleh keridhaan-Nya dan agar dimudah kan untuk memperoleh tujuan hidup, mimpi dan keinginan kita.


Hidup untuk masa depan berarti dari sekarang kita berusaha mempersiapkannya seperti halnya kita menabung untuk bekal akan datang. Menabung untuk bekal di dunia dan di akhirat, agar memperoleh kehidupan yang baik dan bahagia. Hidup dimasa depan akan berjalan sesuai dengan tujuan dan arah hidup kita. Hal ini akan terlaksana dengan baik, jika kita memiliki rencana dan semangat dalam menggapainya.

Memiliki mimpi, keinginan dan cita-cita adalah suatu hal yang positif untuk menyemangati hidup kita. Saya memiliki mimpi, keinginan dan cita-cita, begitu juga dengan Anda bukan. Dan saya memiliki kehidupan masa lalu baik senang ataupun susah, begitu juga dengan Anda bukan. Namun setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menanggapi masa lalu. Ada yang melupakannya walaupun hal itu tidak mungkin terlupakan, dan ada yang masih sibuk memikirkannya. Bagi saya masa lalu yang buruk, saya coba untuk tidak mengingatnya kembali namun tetap mengambil hikmah dari semua kejadian tersebut agar tidak terulang dikemudian harinya. Masa lalu yang pahit dan bodoh adalah pembelajaran untuk masa sekarang dan akan datang.

Kita tidak akan dapat berubah menjadi lebih baik jika kita tidak berusaha merubahnya. Kita tidak akan pernah maju jika kita sibuk memikirkan masa lalu. Kita tidak akan pernah berhasil jika tidak belajar dari masa lalu. Semuanya ini kembali kepada diri kita dan pikiran kita masing-masing. Kita lah yang mengendalikan diri dan pikiran kita sendiri untuk memilih tujuan dan arah yang positif atau negatif. Karena hidup adalah sebuah pilihan, kita memilih ke hal baik atau hal buruk, itu semua ada pada hati, pikiran dan tindakan kita.

Saya memiliki impian dan tujuan di masa akan datang, dan pasti akan banyak rintangan untuk mencapainya. Impian kita cukup hanya kita dan Allah SWT yang tahu. Keyakinan, doa dan usaha agar tetap semangat menggapai impian dan tujuan tersebut, Insya Allah semuanya akan terwujud. Dan tidak tertutup kemungkinan akan banyak orang yang akan Anda temui untuk tidak setuju akan hal yang Anda impikan.

Tetap semangat dalam menjalani hidup dan meraih impian Anda untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Jangan lupa akan siapa diri Anda dan selalu mendekatkan diri kepada-Nya, agar semua urusan kita dimudahkan dan semua keinginan kita akan diperoleh atas keridhaan-Nya.


Soo... Tetap Semangat...:)

0 Please Leave Comments here: