Breaking News
Loading...
Sunday, 16 March 2014

Info Post
Apa yang terbayang jika kita mendengar kata sukses? Dia adalah orang sukses karena dia sering berkeliling ke berbagai negara di dunia. Dia orang sukses karena dia memiliki berbagai perusahaan yang dapat mempekerjakan orang banyak. Dia orang sukses karena dia memiliki banyak mobil mewah dan rumah mewah. Dia orang sukses karena dia memiliki perkebunan kelapa sawit diberbagai provinsi. Dia orang sukses karena dia terpilih menjadi seorang pemimpin di provinsinya. Masih banyak hal-hal yang berhubungan dengan kata sukses.

Pada umumnya orang akan melihat kesuksesan seseorang berdasarkan banyaknya materi yang dimiliki, jabatan dan posisi serta kekuasaaan. Jika seseorang yang bertahun-tahun dapat memberikan kebahagiaan dan keberuntungan untuk orang lain namun tidak memiliki harta yang berlimpah, tidaklah dikatakan sukses. Apakah pengertian sukses sesempit itu yang hanya mengandalkan materi, kekuasaan dan jabatan yang ada di dunia ini.

Bagaimanakah dengan seorang ulama yang mampu memberikan pencerahan dan mengajak kepada kebahagiaan dunia dan akhirat, namun ulama tersebut hidup dalam kesederhanaan dan tidak memiliki kekayaan yang berlimpah. Bagaimanakah dengan seorang pengajar yang mampu mendidik dan memberikan pengetahuan yang bermanfaat yang dapat mencetak orang-orang sukses namun hidup dalam kesederhanaan. Bagaimana dengan seorang penulis yang mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang dibuat untuk menarik perhatian orang banyak untuk dapat dihargai dan diambil hikmah dan manfaatnya dari karya yang dihasilkan.

Sebaiknya kita harus mengetahui apa itu arti kata sukses. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sukses adalah berhasil atau beruntung, jadi kesuksesan adalah keberhasilan atau keberuntungan. Sukses menurut Al Qur’an terbagi atas tiga yaitu Al-Falaah, An-Najaat dan Al-Fauz. Menurut tata bahasa, Al-falaath artinya kemenangan, keberuntungan dan kebertahanan hidup, An-najaat artinya keselamatan atau terhindar dari bencana dan Al-fauz artinya artinya keberhasilan atau keberuntungan.

Menurut saya sukses adalah adanya ketenangan hati, kepuasan tersendiri dan kebahagiaan jiwa atas keberhasilan dan tercapainya atas apa yang kita impikan atau kita tujukan baik untuk diri kita sendiri dan juga untuk orang dan lingkungan sekitar kita. Orang sukses mampu memberikan manfaat bagi orang banyak. Ukuran kesuksesan untuk setiap orang adalah berbeda-beda. Dan bukan berpikir sempit hanya pada banyak materi, kekayaan, jabatan tinggi dan kekuasaan. Kesuksesan tergantung pada apa yang mereka cita-citakan, apa yang mereka impikan apa tujuan hidup mereka. Mereka akan sukses jika mereka telah meraih semuanya, walaupun orang lain akan menganggap mereka bukanlah orang sukses.

Ada dua orang sahabat, sebut A yang mendalami ilmu sosial dan B yang satunya lagi mendalami ilmu eksak. Mereka memilih cara hidup yang berbeda, A menjadi seorang pengusaha yang memiliki beberapa perusahaan besar dan kekuasaan di negerinya, dan B adalah seorang yang selalu belajar dan mendalami ilmu pengetahuan dan mampu menciptakan suatu penemuan yang sangat bermanfaat bagi khalayak ramai. Namun B tidak memiliki harta dan kekuasaan seperti A. Pada umumnya orang akan memilih A sebagai orang yang lebih sukses dari B. Namun kenyataannya belum tentu demikian, karena tujuan A dan B berbeda, dan saat itu A dan B sudah mencapai tujuan dan impiannya, sehingga mereka adalah orang sukses. Walaupun B tidak memiliki harta yang berlimpah, kekuasaan ataupun kekayaan. Malahan B lebih sukses dari A karena mampu memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi orang banyak tanpa mengharapkan imbalan, hanya ada rasa kepuasan dan kebanggaan yang wajar karena penemuannya dapat digunakan oleh semua orang. Dan orang pun akan lebih menghargainya. Dan tidak tertutup kemungkinan akan banyak imbalan dan hadiah yang akan diperoleh oleh si B.

Pemimpin yang memiliki harta yang berlimpah, memiliki kekuasaan namun dia tidak akan sukses jika dalam dirinya tidak ada kebaikan dan kedamaian hidup dan lingkungannya pun merasa resah akan keberadaannya. Kesuksesan dalam pendidikan, terciptanya suatu penemuan-penemuan yang memberikan manfaat bagi manusia. Kesuksesan dalam keluarga adalah menjadi bagian anggota keluarga yang mampu memberikan kehangatan dan kebaikan bagi anggota keluarga lainnya. Bagi seorang penulis, kesuksesan adalah ketika dia mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang menarik perhatian banyak orang dan dapat diambil hikmah daripadanya. Kesuksesan bagi seorang karyawan adalah ketika dia mampu menjadi seorang karyawan yang jujur, cerdas dan mengikuti prosedur dan aturan sebagai seorang karyawan. Dan kekayaan, kekuasaan dan jabatan adalah hadiah dari kesuksesan yang diraih.

Selain itu, kesuksesan di dunia tidak akan ada artinya jika kita tidak berusaha meraih kesuksesan di akhirat. Kesuksesan di akhirat dapat diraih jika kita selalu mengikuti semua perintah Tuhan dan meninggalkan semua laranganNya. Orang yang lebih sukses dan hebat adalah orang yang mampu membarengi kesuksesan di dunia dengan kesuksesan diakhirat dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain. Selain itu, Kesuksesan itu tidak akan pernah berhenti, dia seperti sebuah tangga, yang mana selalu ada yang lebih tinggi. Sukses saat ini adalah tabungan untuk sukses ke yang lebih tinggi berikutnya.

Nah sekarang, apa sukses menurut Anda?

^_^

0 Please Leave Comments here: