Breaking News
Loading...
Friday, 2 May 2014

Info Post

Melanjutkan cerita buku di article sebelumnya. Topik berikut ini mungkin sudah tidak asing lagi, namun saya tiba-tiba ingin menshare kembali mengenai sebuah bisnis yang behubungan dengan bidang pendidikan. 

Hari ini adalah hari pendidikan nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Sebagaimana yang kita ketahui pendidikan sangat penting bagi setiap manusia yang berakal karena dengan pendidikan kita mampu untuk melakukan hal-hal dan meraih apa yang kita impikan. Dengan pendidikan yang baik dalam suatu negara dapat mengangkat derajat dan martabat bangsa di mata dunia. Dalam dunia pendidikan, buku adalah hal yang sangat penting. Buku tidak dapat dipisahkan dalam diri manusia pecinta buku, buku bagaikan istri kedua atau suami kedua bagi pecinta buku.

Salah satu tempat yang dapat menyediakan berbagai macam buku untuk umum dan dapat memberikan fasilitas secara gratis adalah perpustakaan. Perpustakaan adalah sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri (dari www.wikipedia.com). Menurut saya perpustakaan adalah sebuah tempat yang memberikan kebebasan dan kenyamanan untuk pengunjung membaca buku-buku yang dikoleksi di tempat tersebut serta pengunjung harus mematuhi aturan yang berlaku di tempat itu.
Perpustakaan biasa yang dikelilingi buku-buku
Seperti yang kita ketahui bahwa kita lebih menyukai menonton TV daripada membaca buku. Orang-orang akan lebih banyak berkunjung ke bioskop daripada ke perpustakaan karena rendahnya minat baca kita. Mungkin anda sependapat dengan saya bahwa perpustakaan sangat membosankan, perpustakaan tempat yang angker bagi yang tidak menyukai buku. Suasananya yang hening dan monoton serta identik dengan keseriusan. Lokasi yang dikelilingi oleh buku-buku dan lokasi pun biasanya berada dipojok atau jauh dari keramaian. Ya memang begitulah pada umumnya perpustakaan yang kita temui di Indonesia, hal ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan pengunjung akan suasana yang tenang dan konsentrasi untuk membaca koleksi buku di sana.

Pada umumnya perpustakaan di Indonesia paling banyak ditemukan di sekolah dan perpustakaan umum dari pemerintah. Pasti Anda sudah kebayang bagaimana suasana membosankan didalamnya. Ruangan yang tinggi dan besar, dipenuhi buku-buku yang mungkin sudah berdebu karena jarangnya kita mengunjungi tempat ini. Tapi jangan pernah remehkan tempat yang kaya akan ilmu dan informasi ini. Jika tidak ada perpustakaan maka kita akan sulit menemukan buku-buku yang mungkin sudah tidak ada di pasaran. Tidak ada perpustakaan mungkin kita tidak akan mengerti betapa pentingnya buku dan budaya membaca.

Zaman sudah berubah dan setiap manusia semakin kreatif untuk mengembangkan ide-ide agar segala sesuatu menjadi mudah dan menyenangkan. Memberikan sedikit ide yang kreatif dan cerdas mampu memberikan ketertarikan tersendiri terhadap suatu hal yang mungkin orang menjauhinya. Mereka berusaha menciptakan suatu inovasi baru dengan ide-ide kreatif dan cerdas agar sesuatu yang menurut orang tidak menarik menjadi sesuatu hal yang menarik dan bahkan memberikan manfaat yang sangat luar biasa baiknya. Salah satunya ide inovatif yang pernah dikembangkan pada tahun 2000 an adalah perpustakaan yang menggunakan konsep kafe, yaitu dengan cara memadukan konsep tempat makan/minum layaknya kafe dengan konsep perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku bacaan. Perpustakaan dengan konsep kafe ini dapat dijadikan sebagai tempat nongkrong dan jika sendirian kita juga dapat mengisi waktu kita dengan buku-buku yang dapat di baca di tempat ataupun dibawa pulang setelah menjadi member di kafe tersebut.
 
Suasana kafe perpustakaan dengan design ruangan yang artistik dan sangat menarik dan bahkan mampu mengubah suasana mood menjadi lebih tenang dan nyaman layaknya sebuah kafe. Suasana yang seperti ini membuat kita merasa betah berlama-lama nongkrong sambil berdiskusi dan membaca koleksi buku-buku yang disediakan. Kita juga diberikan kebebasan menggunakan fasilitas wifi sehingga kita bisa browsing dengan bebas dan sesuai aturan.


Dengan konsep ini diharapkan dapat mengubah pandangan orang terhadap perpustakaan sebagai tempat yang serius dan membosankan. Perpustakaan dengan konsep kafe dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Selain itu, konsep kafe dapat dimanfaatkan sebagai bisnis yang profit oriented karena suasana kafe yang menjual produk makanan dan minuman serta buku-buku bagi yang ingin mengoleksi buku-buku di sana.

Tempat favorit saya dulu adalah kafe perpustakaan Zoe yang berlokasi di jalan margonda raya Depok dan lokasi yang sangat strategis di antara kampus UI dan kampus Gunadharma. Lokasi yang dekat dengan apartemen Margonda dan kos-kosan mahasiswa, sehingga kafe ini memberikan manfaat yang sangat banyak, yaitu sebagai tempat hiburan dan nongkrong yang positif dengan membaca buku-buku, sebagai tempat alternatif untuk menambah minat baca masyarakat dan juga bagi kafe perpustakaan itu sendiri adalah sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dan memberikan kebaikan bagi masyarakat.
Zoe Book Cafe
Sebelumnya saya juga suka datang ke lokasi kafe buku dimana koleksi buku-buku tersebut adalah buku pribadi dari si pemilik kafe, mulai dari buku anak-anak hingga dewasa baik buku dalam negeri maupun buku luar negeri. Si pemilik kafe adalah seorang pecinta buku dan koleksi buku-buku adalah semenjak dia kecil dan dengan sukarela dikoleksi untuk dibaca oleh orang banyak. Namun bisnis tetap berjalan yaitu dengan menjual makanan dan minuman serta fasilitas wifi bagi member kafe ini.
Zoe Cafe Book
Mungkin kita bisa membuka kafe perpustakaan di daerah tempat tinggal kita dengan mendesign lokasi yang strategis dan design ruangan yang penuh artistik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk tetap selalu berkunjung ke kafe tersebut. Selain itu menyediakan koleksi buku-buku yang lengkap, serta pelayanan yang menyenangkan dan ramah kepada pengunjung. Kita juga dapat menyediakan fasilitas wifi gratis dan membaca buku gratis serta memperbolehkan pengunjung untuk membawa pulang buku setelah menjadi member dengan membayar sejumlah uang yang telah ditentukan. Apalagi jika lokasi tempat tinggal kita dekat dan strategis dengan lingkungan kampus tentu kafe perpustakaan adalah sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dan memberikan kebaikan.

Ayo kita tumbuhkan ide kreatif lainnya yang dapat memberikan kebaikan dan keuntungan bagi kita dan juga orang lain.

Always be confidence, proud and proof that we can do something good by own ability to develop our environment...

0 Please Leave Comments here: