Breaking News
Loading...
Saturday, 17 May 2014

Info Post

Saat saya beberes koleksi movie di rumah, tiba-tiba saya menemukan movie favorit saya yang dulu sering saya putar ulang hingga 10 kali. Movie ini sangat luar biasa dan kisah nyata dari seorang pialang saham di Amerika. Anda tentu pernah dengar movie ini sebelumnya, pertama kali di rilis pada tahun 2006, "The Pursuit of Happyness" atau mengejar impian. Movie ini menceritakan perjuangan hidup Chris Gardner seorang pialang saham terkenal di Amerika dengan jabatan resminya CEO Gardner Rich LLC. Film ini menceritakan bagaimana perjuangan dan jatuh bangun hidupnya hingga menjadi orang terkaya di Amerika.

Berawal dari seorang pria yang bekerja menjual alat kesehatan yang tidak memiliki penghasilan tetap. Dan dia memiliki seorang istri dan seorang anak laki-laki. Hingga suatu saat, kendala ekonomi menyebabkan dia hanya hidup berdua dengan sang anak karena istri yang tidak sanggup hidup dengan kemiskinan. Namun dengan keyakinan dan perjuangan keras Gardner Rich dan untuk membahagiakan sang anak, dia rela antri berjam-jam di tempat perlindungan sosial demi mendapatkan tempat tinggal yang layak untuk anaknya, bahkan dia tidur di WC demi sang anak.

Sampai pada suatu saat Gardner bertemu dengan seseorang yang mengendarai
mobil Ferrari berwarna merah yang sedang mencari tempat parkir. Dan Gardner mengajukan dua pertanyaan kepada pria tersebut seraya menawarkan tempat untuk memarkirkan mobil. Pertanyaan Gardner yang mengubah pemikiran dan semangatnya, yaitu "Apa pekerjaan mu? Dan bagaimana kamu melakukannya?" Dan pria tersebut menjawab bahwa dia adalah seorang penjual saham dan penghasilannya adalah $80.000/bulan. Hal ini tentu membuat Gardner kaget dan penasaran, sehingga mengetuk pintunya untuk mendaftarkan diri sebagai peserta pelatihan penjual saham. Namun dia mengalami kegagalan, karena pria tersebut dipecat sedangkan Gardner sudah meninggalkan pekerjaan lamanya sebagai penjual alat kesehatan. Di saat inilah sang istri meninggalkannya. 

Gardner tidak menyerah, dia mencoba mendaftarkan diri di Dean Witter Reynolds, dengan upah yang kecil, namun semangat yang tinggi. Akhirnya memperoleh sertifikat dan bergabung dengan Bear, Stearns & Company. Hingga menjadi seorang penjual saham tertinggi dan setelah keluar dari perusahaan tersebut, Gardner mendirikan perusahaan Gardner Rich & Company, Inc. Kemiskinan inilah yang membuat dia mampu bangkit.

Movie ini sangat menyentuh dan penuh inspirasi yang memberikan semangat bagi kita. Sangat sayang sekali jika melewati movie satu ini. Ada keunikan dari movie ini, yaitu judul yang salah eja "Happyness" seharusnya "Happiness". Entah kenapa ada kesalahan ejaan dalam penulisan judul movie tersebut, mungkin ada makna dibaliknya. Happiness yang berarti kesenangan, dan untuk mencapai kesenangan tersebut pasti terdapat kekurangan dan kesalahan yang terlalui, tidak semudah apa yang kita harapkan. Namun kewajiban kita adalah untuk berusaha, berdoa dan yakin akan apa yang akan kita kerjakan demi memperoleh apa yang kita butuh dan harapkan.  

Dalam salah satu cuplikan movie ini, Gardner menyampaikan pesan kepada anaknya yang berbunyi "You got a dream, you gotta protect it. People can’t do something themselves, they wanna tell you that you can’t do it. You want something? Go get it. Period" (Kamu punya mimpi dan menjaga mimpimu. Orang lain yang tidak dapat mewujudkan mimpinya dan berusaha mengatakan kepadamu bahwa kamu pun tidak dapat melakukannya. Jika kamu memiliki mimpi maka kejarlah mimpimu itu!!"
Movie ini mengajarkan kita untuk berjuang dan berdoa meraih impian serta jarang ada jalan yang mulus untuk meraihnya. Kesabaran dan keyakinan serta pikiran positif sangat dibutuhkan. Kekurangan dan kemiskinan bukanlah suatu halangan bahkan sesuatu hal yang membangkitkan semangat dan mengubah pola pikir kita tentang hidup. Keinginan yang kuat untuk keluar dari zona tidak nyaman menuju zona nyaman. Orang hebat dapat menjadi inspirasi kita untuk mampu menjalani hidup. Dengan beranggapan bahwa mereka juga manusia dan kita juga manusia, mereka mampu melewati hidup dan menjadi orang hebat, sehingga kita pun mampu melewati hidup dan menjadi orang hebat dibidang kita masing-masing. 

Pendidikan juga kunci utama dalam melalui kehidupan ini, pendidikan bukan hanya di sekolah namun juga pendidikan informal yang dapat kita temui dari pengalaman diri dan orang lain serta pendidikan dari apa yang kita lihat. "Menjadi pelajar seumur hidup." 

Perjuangan hidup yang penuh resiko dan kita harus berani menangung resiko atas apa yang sudah kita pilih, melakukan segala sesuatu hingga tuntas dan berlaku jujur serta sabar dalam menjalani kehidupan. Selalu berpikir positif dan percaya diri akan apa yang dilakukan serta menikmati kehidupan dengan hati yang lapang dan ikhlas. Semangat dan motivasi yang memberikan keyakinan bahwa kita mampu melalui kehidupan demi mengejar apa yang kita impikan. Kesuksesan ada dalam pikiran, tindakan dan keyakinan kita. Jika kita mampu mengimbanginya, maka kesuksesan semakin dekat dengan kita.

by MEYF ^_^



0 Please Leave Comments here: