TARI PIRING DARI SUMATERA BARAT

Friday, May 23, 2014

Nah sekarang saya akan ajak Anda ke daerah saya untuk mengenal tari tradisional suku Minangkabau Sumatera Barat. Tari yang pasti Anda sudah kenal yaitu tari piriang atau tari piring.
Tari piring adalah salah satu tari tradisional khas Minangkabau. Dari namanya berarti kita akan melihat penari yang menari dengan menggunakan piring. Biasanya jumlah penari piring adalah berjumlah ganjil yaitu 3 sampai 7 orang. Penari akan membawa piring-piring di tangannya sambil mendentingkan dentingan suara yang ditimbulkan oleh cincin dengan piring. Gerakannya sangat kompak, rapih dan cepat. Bagi yang pertama kali melihat akan mengajak jantung Anda untuk berbanga dan kagum disamping rasa was was kalau piringnya jatuh.

Tari piring berasal dari Solok Sumatera Barat yang pada mulanya merupakan ritual rasa syukur masyarakat Minang atas hasil panen yang berlimpah. Tari ini berlangsung pertama kali sebelum Islam masuk ke ranah Minangkabau, sehingga tarian ini adalah ungkapan sebagai persembahan kepada dewa-dewa melalui gerakan gemulai gadis-gadis cantik yang membawa sesaji berupa makanan yang ditempatkan di dalam piring. Setelah Islam masuk ke ranah Minang, maka makna tari piring adalah sebagai ungkapan persembahan kepada raja-raja atau anggota kerajaan dan juga sebagai hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.


Tari piring sebagai salah satu aset terpenting bagi pemerintah Sumatera Barat dan sudah sering mengadakan beberapa festival dalam skala nasional bahkan internasional seperti ke Belanda, Jerman, Singapura, Amerika, Malaysia dan Pakistan serta negara-negara lainnya. Tari piring ini sangat unik, gerakannya meniru gerakan para petani bercocok tanam dan menunjukkan ungkapan rasa syukur saat menuai hasil panen. Gerakan tari piring dengan mengayunkan dua atau tiga piring yang diletakkan di atas tangan-tangan penari dan biasanya terdapat lilin yang menyala di atas pirng tersebut. Lilin tidak akan padam hingga tari selesai.

Kekhasan lainnnya adalah mendentingkan dua cincin di jari-jari penari dengan piring yang dibawanya. Dan pada penghujung tarian, Anda akan melihat penari akan menginjakkan pecahan kaca yang sudah disediakan dan juga pecahan kaca dari hasil lemparan piring-piring yang dibawanya. Dan anehnya tidak ada satupun penari yang terluka, walaupun mereka berloncat-loncat di atas pecahan kaca tersebut. Karena itulah tari piring membuat decak kagum siapapun yang menyaksikannya. Belum tahu persis apa makna dari hal ini, mungkin menunjukkan rasa senang dan gembira atas hasil panen yang diperoleh.
Dalam hal ini dibutuhkan konsentrasi yang penuh dan si penari pun juga harus dalam keadaan bersih. Bersih dalam hal bersih hati, tidak sombong dan tidak sedang haid. Sebelum menginjak pecahan kaca dan menari di atasnya, penari harus berwudu sedangkan pawang harus shalat terlebih dahulu.

Tari piring dikombinasikan dengan musik yang cepat dihasilkan oleh musik talempong, gandang dan saluang. Pakaian penari yang dipilih adalah warna yang mencolok seperti merah atau kuning keemasan, hal ini agar mudah dikenali dan menarik perhatian oleh penonton saat pertunjukkan tari berlangsung.

Adapun berbagai makna gerakan tari piring, yang meniru gerakan bercocok tanam, seperti gerakan mencangkul, mencabut benih, menanam, menyiang, memagar, menyabit padi, mengirik (menjemur) padi, mengambil padi, menganginkan padi, menggampo padi, menumbuk padi dengan alu, gerakan membuang sampah, melepas lelah, mengantar makanan, gerakan pasambahan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT dan permintaan maaf kepada penonton yang menyaksikan tari, serta gerakan Singanjua lalai yaitu gerakan melambangkan suasana pagi hari yang memperlihatkan suasana gadis minang yang berjalan, gerakan gotong royong dan gerakan menginjak kaca sebagai gabungan dari beragam gerak tari.

Prosesi tari piring mulai dari persiapan yaitu latihan dan mempersiapkan piring-piring yangtidak ada retak sedikitpun. Saat memulai tarian biasanya diawali dengan bunyi rebana dan gong. Si penari memulai tari piring dengan gerakan pasambahan sebagai tanda hormat kepada penonton, dilanjutkan dengan rangkaian gerakan menanam padi hingga panen dan diakhiri dengan gerakan memecahkan dan menginjak-injak piring. Saat menari, penari juga mengayunkan piring sambil menghasilkan bunyi “ting..ting..ting..” dari bagian bawah piring dan cincin yang dipakai penari. Dan mengakhiri tarian dengan sembah penutup sebagai bentuk ucapan syukur dan rasa terima kasih kepada penonton.

Inti dari tari piring ini memberika pesan-pesan positif seperti kegembiraan, kebersamaan, gotong-royong, kesejahteraan, dan kemakmuran.

Begitu indahnya dan sangat luar biasa jika anda menonton secara langsung tari piring ini. Anda pasti akan berdecak kagum apalagi saat penari menginjakkan bahkan meloncat-loncat di atas pecahan kaca. Inilah salah satu aset terpenting bagi kebudayaan Minangkabau Sumatera Barat.
Saya menulis mengenai tari ini, karena saat saya menghadiri pesta perkawinan, kami dihibur dengan tarian ini. Saya sangat kagum saat melihat langsung tari piring tersebut sehingga saya cari tahu informasi mengenai tari piring ini. Dan lebih kagumnya lagi, sanggar tari ini sudah sering diundang keluar negeri sambil mempromosikan tari piring sebagai bagian dari kebudayaan kita Indonesia.

Anda bisa nonton tari piring pada video berikut ini. Pada adegan terakhir terdapat dua pemuda yang bermain api ke tubuhnya, hal ini hanyalah sebuah tambahan hiburan dan inti dari tari adalah pada tari piring. Silahkan klik link ini : Tari Piring dari Group Gastarana 


by MEYF 
^_^


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar