Breaking News
Loading...
Tuesday, 9 September 2014

Info Post
Sebelumnya kita sudah kupas sedikit mengenai manfaat wudhu bagi kesehatan. Berkumur-kumur adalah salah satu gerakan dalam berwudhu. Berkumur-kumur berarti memasukkan air ke dalam mulut dan mengeluarkannya kembali setelah melakukan beberapa gerakan memutarkan air dalam mulut. Dalam mulut banyak terdapat kuman ataupun sesuatu yang membahayakan bagi tubuh kita. Berkumur-kumur adalah salah satu cara untuk mencegah kuman ataupun zat lainnya dalam mulut kita. Saat berkumur-kumur, sisa-sisa makanan dan kuman-kuman yang ada dalam mulut akan keluar sehingga mencegah dari infeksi gigi, infeksi mulut dan penularan penyakit.

Menurut penelitian modern membuktikan bahwa berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang dan menjaga gusi dari luka. Membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi setelah makan. Selain itu, manfaat lainnya adalah menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya.

Menurut para ahli olah raga, berkumur merupakan suatu cara yang dapat menggerakkan otot-otot wajah dengan baik sehingga menjadi jiwa seseorang tenang. Manfaat berkumur-kumur lainnya secara psikoligis atau religi adalah membersihkan mulut kita dari berkata kotor dan menyakiti hati orang lain.

Sangat banyak manfaat dari berkumur-kumur lainnya, kita sebagai umat Islam diajarkan untuk hidup bersih dan sehat. Beruntunglah bagi yang melakukan shalat lima waktu, minimal lima kali dalam sehari untuk berkumur-kumur. Jika diantara kita masih ada yang sakit, kita bisa introspeksi diri, apakah kita sudah melakukan ibadah kepada Tuhan dengan baik atau belum. Karena tidak ada sedikitpun hal yang merugikan diri kita dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

By MEYF

Reference:




0 Please Leave Comments here: