Breaking News
Loading...
Saturday, 8 November 2014

Info Post
 
Persahabatan, kata yang indah dibaca namun sulit untuk dijaga. Namun apakah persahabatan itu? Seperti apakah hubungan persahabatan itu? Apakah persahabatan yang sejati akan mudah retak? Bagi saya persahabatan adalah hal yang sangat luar biasa jika mampu menjaganya dengan baik. Seorang sahabat tidak dapat diukur dari segi fisik, uang dan latar belakangnya. Persahabatan adalah sebuah bentuk hubungan yang murni dan benar-benar tulus dari dalam hati tanpa mengharapkan keuntungan bagi diri kita sendiri. Persahabatan adalah hubungan yang saling mendukung satu sama lainnya. Dia tidak dapat diukur dari fisik namun hanya diukur dari hati. Saat seorang sahabat merasa sakit, kita pun akan merasakan sakit, saat sahabat senang, tak lupa dia berbagi kesenangan dengan kita.

Beruntunglah kita jika memiliki sahabat sejati. Sangat sulit mendapatkan seorang sahabat sejati namun sangat mudah untuk menghilangkan ribuan sahabat sejati.  Seorang sahabat adalah orang yang selalu berada disamping kita dimanapun kita berada dan bagaimanapun kondisi kita, dia akan selalu ada dengan segala dorongan dan kepercayaan yang dia berikan. Jika kita berbuat salah, dia tidak akan meninggalkan kita, namun memberitahukan dan mengajarkan kita untuk memperbaikinya. Dia akan selalu menuntun kita, dan meskipun dia menyakiti kita, namun dia juga dapat menghibur kita saat sedih.

Sahabat adalah orang yang mampu berbagi dan memberikan perhatian sepenuhnya kepada kita. Saat dia marah bukan berarti dia marah untuk selamanya. Sahabat akan selalu membantu disaat kita dalam keadaan penuh tekanan dan dia pun memberikan kebebasan kepada untuk melakukan apa yang akan kita inginkan. Dia tidak akan memaksakan kehendaknya untuk melakukan apa yang dia harapkan.

Seorang sahabat selalu berupaya untuk menyadarkan kita jika tersesat. Dia akan menuntun kita untuk berbuat kebaikan dan hal positif, walaupun dia tahu kita berbuat salah, namun sahabat tidak akan pernah meninggalkan kita bahkan tetap setia sebagai sahabat. Bahkan hubungan sahabat lebih kuat dari hubungan keluarga. Saat seorang sahabat menaruh kepercayaan kepada kita, itulah saat tersulit untuk menjaganya.

Namun sering kita melupakan arti persahabatan. Kita mudah marah saat tidak mampu menerima hal yang salah dari sahabat, kita mudah tersinggung saat sahabat tidak mampu melakukan apa yang kita harapkan. Namun apakah kita tidak memikirkan apa yang dirasakan seorang sahabat saat dia menaruh harapan kepada kita tentang sesuatu hal, namun kita tidak memberikannya.

Menurut saya sahabat sejati tidak akan pernah rusak, kesalahan sebesar apapun yang dilakukan oleh seorang sahabat akan mampu untuk dimaafkan tanpa meninggalkannya. Dalam persahabatan yang dibutuhkan adalah pengertian, kepercayaan, penghormatan, komitmen dan juga cinta. Lain halnya dengan hubungan dengan lawan jenis yang dihinggapi rasa cemburu hingga bebuat dosa. Namun dalam persahabatan tidak ada rasa cemburu, yang ada hanya rasa saling mendukung setiap keputusan yang dilakukan sahabat jika itu memberikan kebaikan.

Jika seorang sahabat meminta Anda untuk meninggalkannya karena merasa tersakiti, maka demi kebaikannya, kita sebagai sahabat akan melakukannya, tidak peduli diri kita merasa sangat tersakiti untuk meninggalkannya, asalkan seorang sahabat merasa bahagia dengan hal tersebut. Sahabat selalu peduli dan mengerti apa yang kita rasakan dan begitu juga sebaliknya.

Satu sahabat yang setia tidak akan tergantikan dengan seribu teman biasa. Untuk itu sahabat ku, terimakasih sudah menjadi bagian dalam hidupku yang sudah setia berbagi suka dan duka. Karena setiap detik bersamamu tidak akan ada teman biasa yang mampu menggantikannya. Saat sahabat meminta untuk meninggalkannya karena kesalahan, kita pun siap walau merasa tersakiti, asalkan sahabat merasa bahagia. 

Semoga kita selalu mampu menjaga persahabatan. Dan memaafkan semua kesalahan sahabat dengan mencoba untuk memahami dan mencari kebenarannya. Belajar untuk mengingat bahwa sahabat selalu ada dan peduli untuk kita dan tidak akan peduli pada kesalahan yang kita perbuat. Bahkan berusaha untuk menuntun kita kepada kebaikan. Berapa banyakpun kesalahan yang kita langgar, namun sahabat tidak akan pernah meninggalkan kita. Untuk itu janganlah pernah melepaskan seorang sahabat, karena dia tidak akan tergantikan oleh ribuan teman biasa. Dan untuk sahabatku semoga setiap langkahmu selalu pada kebaikan dan kesuksesan selalu berada pada dirimu.


by MEYF

0 Please Leave Comments here: