Breaking News
Loading...
Wednesday, 7 January 2015

Info Post
Sering kita mendengar kata kreatif dan inovatif, baik dalam lingkungan pendidikan, lingkungan kerja atau pun kehidupan sehari-hari. Kreatif dan inovatif tidak hanya berhubungan dengan kerajinan tangan atau pun menghasilkan suatu produk, namun kreatif dan inovatif dapat berhubungan dengan menemukan cara baru dalam menyeselesaikan suatu permasalahan. Kreatif biasanya didukung oleh keberanian diri kita untuk keluar dari hal-hal yang biasa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa kreatif adalah “Memiliki daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan.” Sedangkan inovatif adalah memiliki kemampuan untuk memperkenalkan sesuatu yang baru dari sesuatu yang sudah ada dengan kata lain memperbaharui yang ada menjadi sesuatu yang berbeda. Menjadi kreatif berarti menemukan sesuatu yang baru sedangkan bersifat inovatif adalah memperbaharui yang sudah ada menjadi tambah bermakna.

Bagi saya matematika mengajarkan bagaimana cara berpikir kreatif dan bersifat inovatif, begitu juga dengan ilmu lainnya. Sebagai contoh dalam memecahkan persoalan matematika, tidak hanya satu cara untuk menyelesaikannya, namun banyak cara yang memberikan hasil yang sama, bahkan orang lain pun tidak terpikirkan dengan cara tersebut mampu menyelesaikannya.

Berpikir kreatif biasanya berpikir unik, beda dengan lainnya dan keluar dari hal yang biasanya. Memang inilah yang sulit ditemukan seperti halnya mahasiswa yang selalu mencontoh apa yang diajarkan oleh dosen di depan kelas, tanpa ada keberanian menggunakan ide mereka untuk menyelesaikan persoalan yang sama dengan metode yang berbeda. Mereka tidak menyadari bahwa ide dan metode yang mereka gunakan memberikan sesuatu yang baru dan sangat bermanfaat bagi yang lainnya.

Meniru adalah hal yang paling mudah, namun untuk melakukan hal yang berbeda adalah
hal yang berbeda adalah hal yang tidak mudah. Menimbulkan ide yang kreatif dan memiliki inovasi dengan memperbaharui yang sudah ada memerlukan keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi. Setiap ada pertemuan di kelas, say sering mengarahkan kepada mereka untuk tidak meniru apa yang diajarkan namun memahami makna dan tujuan dari materi yang diberikan, selanjutnya mengajak mereka untuk menyelesaikan persoalan dengan ide mereka sendiri tanpa menjauh dari konsep yang diberikan, sehingga dapat menciptakan suatu cara yang baru dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Entah dimana salahnya, apakah karena mereka tidak mampu atau tidak membiasakan diri untuk tampil beda. Bagi saya kreatif dan inovatif memang tidak mudah. Saya sering mendengar dari orang bahwa "saya tidak kreatif karena saya tidak ada bakat untuk kreatif". Hal ini adalah salah, karena kreatif bukanlah sebuah bakat/talent atau pun ada dari lahir, namun kreatif dapat dilatih dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang melekat dalam diri kita.

Berani tampil beda dan keluar dari jalur atau kebiasaan adalah salah satu cara untuk melatih diri berpikir kreatif atau biasa kita kenal dengan Think Out Of The Box dimana kita berpikir keluar dari kebiasaan yang suda ada. Selain itu, dapat dilatih dengan cara membuka diri dan menerima keadaan lingkungan sekitar kita. Mungkin ada yang tidak sesuai dengan kita sehingga kita merasa tertekan, namun kita coba untuk berpikir positif dan mencari cara untuk mengatasinya. Kadang kala ide akan muncul saat kita terdesak atau merasa tertekan.

Selanjutnya, menimbulkan rasa percaya diri dan tidak minder untuk menciptakan dan menampilkan ide-ide baru. Jangan mundur walaupun beberapa orang tidak setuju dengan kita, karena ada ribuan orang diluar sana yang setuju dengan ide kita. Selain itu, berpikir kreatif dapat dilatih dengan ikut bergabung bersama komunitas orang kreatif. Sekarang sangat banyak dan mudah ditemukan komunitas-komunitas orang kreatif, sebut saja di dunia maya seperti Facebook, Twitter, blogger, forum, dll yang dapat dipilih sesuka hati. Menumbuhkan sifat inovatif sama halnya dengan melatih berpikir kreatif, namun kita harus mampu melakukan perubahan dan terobasan baru agar dapat memberikan tambahan manfaat saat sesuatu hal dirasa usang dan tidak sesuai dengan keadaan.

Ayo..ciptakan sesuatu yang baru, jangan takut untuk tampil beda. Bukankah sesuatu yang beda tersebut akan menjadi pusat perhatian dan terbukalah kesempatan kita untuk mudah mengeluarkan ide-ide baru yang cemerlang. Saya pun sedang mencoba berlatih berpikir kreatif dan bersifat inovatif.

Semoga Bermanfaat
^_^

By MEYF

0 Please Leave Comments here: