Breaking News
Loading...
Monday, 5 January 2015

Info Post
Tanpa terasa sekarang kita sudah berada di tahun 2015. Begitu cepatnya tahun 2014 berlalu dan mungkin kita tidak menyadari apa-apa saja yang sudah kita perbuat di tahun 2014. Apakah kita menyelesaikan dengan baik target-target yang hendak dicapai atau sebaliknya. Perencanaan akan target yang akan kita capai itu sangatlah penting. Hal ini adalah arah bagi kita untuk melakukan tindakan. Alangkah hebatnya orang yang mampu melakukan tindakan sesuai dengan arah tercapainya target yang diharapkan.

Seperti biasa setiap akhir tahun saya selalu mereview planning dan pencapaian target selama setahun, apakah sudah tercapai 90% atau kurang. Selanjutnya adalah menuliskan rencana-rencana yang hendak dicapai pada tahun berikutnya. Dalam menuliskan planning untuk tahun berikutnya, sebaiknya tulis semua hal yang diharapkan terwujud walaupun merasa hal itu tidak mungkin. Namun abaikan pikiran kita dari hal yang tidak mungkin karena semuanya tergantung pada diri kita sendiri, kesempatan, usaha dan doa kita kepada Tuhan. Karena bisa saja hal yang tidak mungkin akan berubah menjadi mungkin.

Jika kita buka catatan planning dan target kita tahun lalu, kita bisa hitung berapa persen pencapaian usaha kita untuk mendapatkannya, lalu kita bandingkan dengan dua tahun dan tahun-tahun sebelumnya. Dari sini kita bisa pertimbangkan seberapa besar kemampuan kita untuk mencapai target yang kita tetapkan dengan memperhatikan kondisi dan keadaan kita pada tahun-tahun tersebut.

Tidak ada kata putus asa jika planning dan target belum tercapai, belum tercapainya target menunjukkan bahwa kita masih diberi kesempatan untuk berjuang demi mencapainya dan Tuhan menginginkan kita memiliki pengalaman dan pelajaran berharga lainnya sebelum mendapatkan apa yang kita inginkan. Target yang kita harapkan mungkin saja bersifat duniawi seperti pekerjaan, jodoh, anak, jabatan, pendidikan, kendaraan, rumah, dll atau pun bersifat ukhrawi seperti hafal Al Quran, beribadah dengan ihklas, ibadah ke tanah suci Makkah, berbuat baik kepada sesamanya, saling berbagi, dll. Semuanya itu bebas kita tentukan asalkan positif untuk kita dan orang lain.

Sekarang kita tuliskan kembali resolusi atau planning dan target yang hendak dicapai di tahun 2015 ini. Sambil melanjutkan pencapaian target di tahun 2014 yang tidak terlaksana agar terlaksana di tahun 2015. Mungkin ada yang berpikir bahwa hidup saja sesuai alurnya, tidak perlu memiliki target dan bermimpi tinggi-tinggi, tidak perlu mempersulit diri, hidup seperti ini saja sudah aman dan mencukupi, serta syukuri aja apa adanya. Menurut saya bersyukur itu wajib karena dengan bersyukur hati bisa lapang. Namun memiliki planning dan target matang serta wajar adalah mutlak, karena dengan ini kita memiliki semangat hidup dan arah untuk mencapainya. Tercapainya target adalah lebih hebat, namun jika tidak tercapai, maka bersabarlah. Dan tetap berusaha dengan pikiran positif untuk mencapainya adalah lebih super.

Diri kita ibarat sebuah organisasi yang didalamnya ada visi dan misi sebagai arah dan tujuan dari tindakan kita untuk mau dibawa kemana, salah satunya adalah dengan bermimpi dan memiliki target. Selain itu sebagai penasehat dan sekaligus leader adalah hati dan pikiran kita yang akan memutuskan, memberi motivasi dan kesabaran serta merumuskan strategi dalam pencapaiannya. Sedangkan anggota badan kita lainnya adalah sebagai operator yang selalu siap untuk begerak melakukan semua tindakan sesuai dengan visi dan misi tersebut.

Usia, pengalaman, pendidikan atau apapun itu, tidak ada alasan untuk tidak menuliskan target yang hendak kita capai di tahun 2014 ini. Menuliskan target dan membacanya kembali pada waktu tertentu adalah lebih baik daripada kita tidak menuliskan sama sekali hingga lupa sehingga target tidak tercapai.

Untuk itu, ayoo tuliskan semua hal yang diharapkan akan terjadi dalam hidup kita abaikan alasan bahwa target mustahil tecapai, karena tidak ada yang tidak bisa jika kita belum berusaha dan melakukannya. Dan Tuhan selalu memberikan kemudahan untuk kita jika mau berusaha dan berdoa. 

Cara menuliskan target silahkan lihat postingan tahun lalu "Resolusi 2014 dan Resolusi 2013.

Semoga bermanfaat

By MEYF

0 Please Leave Comments here: