Breaking News
Loading...
Wednesday, 19 August 2015

Info Post

Hampir satu semester saya off dari blog. Nahhh...hari ini saya mulai lagi dengan tulisan-tulisan dan pikiran pikiran yang bisa saya curahkan ke dalam blog ini. Semoga bermanfaat ^_^



Kreatif...satu kata yang gampang untuk diucapkan namun cukup susah untuk dikerjakan. Kreatif bukan hanya milik seniman atau pun artis. Setiap manusia memiliki jiwa kreatif, namun yang membedakannya adalah kemampuan mereka dalam mengungkapkan kreatifitas tersebut. Masih ingatkah kita saat kecil kita memiliki banyak ide untuk bermain. Membuat boneka dari kertas, membuat mobil-mobilan dari potongan kayu, bermain dan belajar menjual dengan teman-teman dan masih banyak hal lainnya yang mana kita mampu dan berani untuk mengeluarkan ide kreatif demi sebuah hiburan yang menyenangkan. Segala sesuatu yang kita inginkan dengan mudahnya terealisasi karena kita punya ide yang kreatif untuk mewujudkannya. 

Namun setelah bertambahnya usia semakin banyak hal yang menghambat ide kreatif kita, mungkin saja karena kita terlalu penurut dengan peraturan atau ketentuan yang berlaku yang mana kita takut untuk melanggarnya. Atau mungkin juga karena kita terlalu dimanja dengan keadaan sehingga kita tidak mampu untuk mengeluarkan ide kreatif tersebut.

Kreatif sebenarnya bisa dilatih. Tidak ada seorang pun yang tidak memiliki ide kreatif. Kreatifitas bukan berarti harus menciptakan sebuah baju, membuat bunga, membuat rumah, atau pun hal lainnya yang berbau seni. Kreatifnya seseorang itu berbeda-beda, bisa jadi tergantung pada hobi, kebiasaan dan lingkungannya.

Ada yang bilang bahwa kreatif itu adalah sesuatu yang baru, sesuatu yang mampu memberikan solusi untuk masalah. Jika kita mampu menyelesaikan masalah yang kita hadapi dengan berbagai cara yang baik, bisa dibilang bahwa kita kreatif. Ada yang bilang bahwa kreatif itu mampu membantah pendapat orang lain namun bukan bermaksud untuk menjatuhkan orang tersebut.  

Dalam lingkungan pendidikan, kreatifnya seorang pelajar dapat dilhat dari kualitas pertanyaan yang mereka ajukan di kelas, selain itu melalui bagaimana mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam tugas dan ujian. Mereka mampu memberikan ide dan bukan menyalin atau menghafal. Mereka mampu mencari berbagai cara dalam memecahkan pertanyaan dan soal yang diberikan.

Dalam lingkungan kerja, kreatif nya seorang karyawan dapat dilihat dari kinerja
karyawan tersebut dalam pekerjaan dan mampu memecahkan permasalahan yang ada dalam pekerjaan dengan cara-cara yang baru namun berkualitas dan efektif. Kreatif itu membalikkan cara pandang dan berpikir diluar dari hal-hal yang biasa ("Thinking Out Of The Box").

Dalam lingkungan keluarga, kreatifnya seseorang dapat dilihat dari cara pandang keluarga dalam menangani masalah-masalah yang dihadapi dan menemukan solusi dari permasalahan dalam keluarganya.

Ada beberapa cara sederhana yang biasa saya lakukan untuk mendapatkan kreativitas, diantaranya :
  1. Istirahat namun bukan berarti sembarang istirahat. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya berjalan-jalan, menonton televisi yang berbobot, mendengarkan musik, dll.  
  2. Menonton kartun juga dapat menimbulkan ide yang kreatif karena cerita yang kocak kadang diluar imajinasi kita.
  3. Tidur sejenak untuk memulihkan stamina dan pikiran setelah melakukan kegiatan.
  4. Membaca buku atau artikel yang dapat menambah kreatifitas yang kita inginkan.
  5. Melakukan hobi yang kita tekuni.
  6. Mengambil waktu sejenak untuk melakukan permainan asah otak baik secara online atau pun tidak
  7. Memecahkan soal matematika pun juga dapat menimbulkan ide kreatif.
  8. Berdiskusi dengan orang lain mengenai suatu hal yang dapat memberikan ide-ide cemerlang.
Dan masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan ide yang kreatif yang paling penting adalah niat. Dan merobah cara pandang mengenai diri kita yang merasa tidak kreatif. 

So...yukkkk berkreatifitas...agar banyak hal-hal baru yang dapat kita ciptakan demi kesejahteraan bersama. Dengan berkreatif dapat mengantarkan kita kepada keberhasilan. Kreatifitas itu tidak dapat dibeli namun kreatif itu sampai mati..

by Melly ^_^

0 Please Leave Comments here: