Breaking News
Loading...
Friday, 21 August 2015

Info Post
Pasti Anda sering bertemu dengan orang yang memiliki kepribadian introvert, atau mungkin Anda sendiri yang berkepribadian introvert? Saya pribadi bisa dibilang berkepribadian introvert. Apa sih introvert tersebut? Yuk kita baca sedikit ulasan mengenai kepribadian introvert.

Kepribadian yang introvert merupakan kepribadian yang lebih cenderung pada perasaan dan pikirannya sendiri daripada berinteraksi dengan orang lain atau dunia luar. Anti sosial, kadang orang menyebutnya kuper. Mereka seorang yang pendiam dan pemalu serta tertutup. Namun bukan berarti tidak peduli dengan lingkungan sosial.

Introvert lebih senang menyendiri, dan berdiam diri di kamar, namun bukan berarti tidak melakukan hal apa-apa. Dengan kesendiriannya itulah ide dan produktivitas muncul. Mereka dikatakan kutu buku dan juga seorang pemerhati.

Jika berkumpul dengan orang banyak mereka lebih cenderung diam tapi bukan berarti sombong tidak mau berbaur. Dengan diamnya itulah dia belajar dan memperhatikan lingkungannya. Dengan diamnya dia mempelajari bagaimana manusia bersikap dan cara pandang manusia yang biasa dia pelajari. 

Dalam berpendapat lebih cenderung secara non verbal melalui tulisan daripada berkomunikasi verbal. Idenya dalam berpendapat akan muncul saat mulai menuliskan rangkaian kata-kata dalam sebuah tulisan. Jika berbicara lebih cenderung berpikir sebelum bicara. Buku adalah teman paling setia sehingga banyak yang bilang introvert adalah orang yang cerdas. Bagi orang introvert berbicara jujur dan riil adalah hal yang paling penting.

Pada umumnya banyak orang yang memandang rendah orang introvert dalam hal bersosialisasi. Mereka bilang tidak gaul lah, tidak tahu dunia lah dan sombong. Eitss....jangan salah, seharusnya extrovert mengajak introvert untuk mampu mencairkan suasana agar mereka mampu berbaur dengan yang lainnya.

Namun saya bangga berkepribadian introvert. Banyak kelebihannya lohh...selain dibilang cerdas, suka menulis dalam mengungkapkan perasaannya, sehingga sudah banyak tulisan-tulisan yang sudah dihasilkan. Dengan kesendirian dan kesunyianlah ide dan kreativitas muncul. Kesendirian akan lebih fokus dan rileks dalam berproduktivitas ketimbang dalam hal bersama namun bukan berarti tidak mampu dalam hal bekerjasama. Banyak hal-hal kreatif yang dapat diciptakan yang mungkin orang lain tidak terpikirkan sebelumnya.

Pada umumnya banyak yang mengikuti orang yang jago ngomong, yang suka berkoar-koar di depan umum karena mampu mempengaruhi khalayak banyak. Eiits... belum tentu orang yang jago ngomong lebih banyak ide hebat atau lebih kreatif daripada yang ga jago ngomong. Yang pendiam atau introvert malahan lebih banyak memiliki ide hebat dan ide kreatif. Tanpa berkoar-koar dan dengan pertimbangan yang matang maka ide tersebut langsung dikerjakannya.  

Introvert lebih sering sukses menggapai impiannya karena tiper pekerja yang benar-benar fokus pada apa yang ingin digapainya. Satu lagi kelebihan introvert adalah dapat menjadi teman yang baik. Teman mereka tidak banyak namun mereka akan loyal dan dapat membina persahabatan dengan baik.

Namun sebaiknya setiap individu tidak ada yang disebut murni introvert atau murni extrovert, karena kita umumnya berada pada keduanya.


Semoga Bermanfaat 
^_^

 by M

1 Please Leave Comments here:

Revi Rosdiana said...

Great! i'm agree :)