Breaking News
Loading...
Saturday, 2 November 2013

Info Post

Nah…hari ini saya mo menulis mengenai matematika…tapi bukan materi kalkulus, statistika, aljabar, analisis numerik, analisis bilangan riil atau pun lainnya. Namun memahami sebuah materi dalam bidang geometri dan dikaitkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pasti pernah dengar mengenai Transformasi. Kata lain dari transformasi adalah perubahan. Dalam matematika, transformasi adalah suatu pemetaan objek pada suatu bidang ke himpunan objek pada bidang yang sama. Pemetaan suatu objek pada bidang yang sama berarti perpindahan, perubahan atau perputaran suatu objek pada bidang yang sama. 

Transformasi terbagi atas empat yaitu :
  1. Translasi (pergeseran), perpindahan atau pergeseran suatu objek sepanjang garis lurus dengan arah dan jarak tertentu sehingga terjadi perubahan posisi namun bentuk tetap sama.
  2. Refleksi (pencerminan), perubahan yang dilakukan dengan mencerminkan suatu objek terhadap suatu garis atau bidang dan biasanya terjadi perubahan posisi dan bentuk.
  3. Rotasi (perputaran), perpindahan objek dengan cara memutar objek dan mengacu pada pusat perputaran tertentu. Jarak antara titik pusat dengan objek selalu tetap.
  4. Dilatasi (perkalian), perubahan yang diperoleh dengan memperbesar atau memperkecil objek tersebut dengan suatu pengali/faktor.
Sebagaimana kita ketahui bahwa kita manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT selalu mengalami perubahan dan berkeinginan untuk berubah. Perubahan pada manusia disebabkan karena memang sudah kodrat sebagai manusia atau pun karena lingkungan yang memaksanya untuk berubah. Mereka tidak akan pernah ingin tetap pada kondisi yang sama, selalu berkeinginan untuk berubah baik kondisi fisik, lingkungan, mental  ataupun keadaan. Perubahan yang diharapkan pastilah perubahan kearah kebaikan. Walaupun hal ini diluar kendali jika kita mengalami perubahan pada keburukan. Namun hal ini tergantung pada niat, lingkungan dan faktor lain mempengaruihinya.

Translasi atau pergeseran, jika kita kaitkan dengan kehidupan kita berarti pergeseran posisi atau keadaan kehidupan. Seperti pergeseran mental menuju kedewasaan. Seiring waktu yang selalu berjalan maka bertambahlah usia kita dan bertambahlah daya pikir dan mental kita menuju kepada kedewasaan. Seiring bertambahnya kecerdasan seseorang dan semakin majunya lingkungan tempat kita hidup, maka kita pun berkeinginan untuk mengalami perubahan dari serba kekurangan baik dalam hal ilmu, keuangan, sosial dan budaya, menjadi serba yang berkecukupan. Jadi paling tidak terjadi pergeseran karena keinginan atau pun keadaan yang memaksa.

Refleksi atau pencerminan. Setiap tindakan yang kita lakukan tidak akan pernah jauh dari resiko. Dan kita harus siap akan resiko tersebut. Kegagalan adalah salah satu resiko dalam mencapai sesuatu hal. Kita ketahui bahwa kegagalan adalah suatu jalan untuk mencapai kesuksesan. Tidak ada orang yang sukses tidak gagal. Saat kita mengalami kegagalan kita tidak sebaiknya berhenti untuk bertindak, namun kita harus mampu bercermin dari kegagalan tersebut. Mencari penyebabnya, mengoreksi diri kita dan merencanakan cara yang jitu agar kegagalan tidak terulang lagi.

Selain itu refleksi juga terjadi perubahan bentuk, seperti seorang wanita cantik yang berpenampilan biasa yang jarang bersolek. Setelah dia melihat penampilannya dengan bercermin, penampilannya pun berubah menjadi luar biasa cantiknya.  Sehingga dalam hal ini terjadi perubahan bentuk yang biasa menjadi luar biasa.

Rotasi atau perputaran. Hidup bak roda yang berputar, kadang berada di atas dan saat lain berada di bawah. Namun hal tersebut bukanlah suatu ketetapan, karena kita hidup adalah sebuah pilihan. Kita memilih hidup lebih baik atau kita memilih hidup untuk tidak baik sesuai dengan aturan-aturan yang mengatur kehidupan. Selain itu, rotasi juga didasarkan pada jarak yang tetap /konsisten . Berarti dalam kehidupan kita, walau pun kita mengalami perubahan posisi, perubahan keadaan atau pun lainnya, namun kita harus konsisten dalam suatu sikap, prinsip atau hal lainnya.

Dilatasi atau perkalian. Perubahan dalam bentuk yaitu memperbesar atau memperkecil suatu keadaan secara tepat. Seperti memperkecil atau mengurangi segala kekurangan dan kesalahan, memperbesar atau meningkatkan kebaikan dalam kehidupan. Atau seseorang mengalami pertumbuhan fisik. Seseorang mengalami penambahan usia berarti mengurangi usia untuk hidup di dunia. Dan masih banyak contoh lainnya.

Jadi transformasi dalam kehidupan merupakan suatu resolusi dalam kehidupan kita. Hak ini dapat terjadi berupa pergeseran, pencerminan, perputaran dan perubahan ukuran suatu keadaan tertentu. Alasan kehidupan kita mengalami transformasi  atau perubahan adalah karena menginginkan kehidupan yang dipenuhi dengan kebaikan dan jauh dari keburukan. Hidup itu adalah sebuah pilihan, maka kita dapat memilih kehidupan yang baik atau kehidupan yang tidak baik. 

0 Please Leave Comments here: