Breaking News
Loading...
Tuesday, 13 July 2010

Info Post


Huff.......baru pulang kerja.. Capek juga....
Tapi akan lebih baik jika apa yang ada dikepala bisa dikeluarkan melalui rangkaian kata-kata.
Entah itu bagus atau jelek, yang penting bisa tercurahkan.

Sekedar berbagi pengalaman mengenai Matematika.
Orang kalo mendengar matematika langsung bilang "Nggakk deh", "makhluk yang membosankan".
Kalo bahasa Padang singkatan dari "Mati-mati Aka" artinya yang mematikan akal kita.
Mendengar matematika, sebagian orang akan bilang "gw nyerah deh...", mereka langsung menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang menyeramkan.

Gw dan mungkin yang lain dari kecil pasti sudah diajari matematika,
mulai dari berhitung, pakai alat bantu tusuk sate/sumpit atau pun sempoa. Bahkan kalo berhitung sampai buka sepatu dan kaos kaki, karena penjumlahannya yang melebihi jumlah jari tangan.
Gw mulai menyukai matematika karena waktu SD selalu diajari matematika,
setiap hari guru pasti tidak pernah lupa untuk mengajari matematika.
Awalnya sih nggak suka, tapi karena takut dimarahi akhirnya ngikutin dan lama-lama menjadi kebiasaan.

Mungkin juga karena guru dengan mudahnya menyampaikan materi yang diajarkan sehingga kita bisa nyambung untuk mengikutinya. Memang banyak alasan siswa, jika guru yang mengajar tidak menyenangkan hal ini menyebabkan siswa tidak dapat dengan mudah menyerap ilmu yang dibagikan guru tersebut dan akhirnya siswa membenci mata pelajaran yang diajarkan tersebut. Hal ini tidak bermaksud memberitahukan guru tidak pandai menyampaikan ilmunya, mungkin saja siswanya yang memang sudah dari hati yang paling dalam tidak menyukai lingkungan ajarnya.

Sampai akhirnya, mata pelajaran yang paling gw senang adalah matematika.
Alhamdulillah waktu kuliah pun lolos tanpa tes di jurusan matematika.
Bagi gw matematika adalah sebuah seni angka, yang dengan enaknya diutak-atik. di putar sana, putar sini. Dan lebih banyak bermain logika dalam menyelesaikannya. Matematika bukan berarti kita hanya menghitung atau pun menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya. Bermain matematika berarti bermain dengan imajinasi dan logika.

Banyak hal positif yang gw peroleh dari matematika salah satunya pantang menyerah karena adanya rasa penasaran yang kuat untuk menyelesaikan soal matematika. Gw gak akan pernah berhenti jika belum memperoleh pemecahannya dengan menggunakan otak sendiri. Hal ini menjadi terbiasa, dan mungkin orang akan bilang gw keras kepala.

Ilmu matematika adalah ilmu yang paling dasar, karena

- Saat usia kita masih tiga tahun pasti sudah diajarkan matematika. Misalnya saja saat berhitung 1, 2, 3...sambil belajar jalan..

- Kita di dunia tidak akan pernah lepas dari matematika. Sehingga orang bilang matematika adalah dasar ilmu pengetahuan.

- Matematika adalah ilmu pasti, sehingga lebih mudah daripada ilmu lain seperti pengetahuan alam, bahasa, dll.

- Teknologi yang canggih ini dibangun dari matematika, misalkan bahasa komputer yang menggunakan angka-angka yang disusun kedalam bahasa pemograman.

- Dalam berjual- beli pasti menggunakan ilmu matematika.

- Dalam bermain pasti menggunakan matematika untuk menghitung point siapa pemenang dan siapa yang kalah.

- Matematika is every thing in every day... Mungkin belum ada orang yang dalam sehari tidak menyebutkan angka-angka yang merupakan hasil perhitungan matematika.

- Matematika ladang ilmu dan ladang rejeki juga, jika kita dapat mengajar kan ke orang lain seperti guru les/kursus.

Ada beberapa cara yang gw gunakan dalam menyukai matematika:
1. Menyenangi matematika mulai dari awal dan dari hati yang paling dalam
2. Menghilangkan anggapan matematika adalah pelajaran menyeramkan
3. Menganggap matematika adalah ilmu pasti, sehingga tidak ada keraguan darinya.
4. Rajin menjawab soal matematika dan games yang berhubungan dengan matematika
5. Sering memainkan puzzle matematika atau pun soal matematika yang "fun"
6. Pantang menyerah dan selalu berusaha sampai dapat menjawab permasalahan/soal matematika
7. Meminta dukungan dari lingkungan, sehingga saat kita dapat menjawab permasalahan matematika kita jadi bersemangat.
8. Menganggap dan melihat angka-angka sebagai suatu lukisan yang indah...
9. Dalam mempelajari matematika selalu membuat formula/rumus sederhana matematika, kalo dulu gw sering pajang di dinding dekat gw tidur.
10. Matematika bukanlah pelajaran yang membosankan, tapi pelajaran yang membuat kita penasaran sampai dapat menjawab semua permasalahannya.
11. Dengan matematika memaksa kita untuk disiplin sehingga lama kelamaan kita menjadi orang yang disiplin, paling tidak untuk diri pribadi.
12. Harus sabar dan tahan banting...
13. Kembali ke niat, menyenangi dan mencintai matematika, berdoa dan tidak ada kata menyerah, "AKU PASTI BISA".
14. Sering berimajinasi dengan matematika.
15. Berani mencoba menjawab soal matematika, walaupun sebagai pembukaan, jangan takut salah.

Pokoknya matematika is the best deh...
Matematika ilmu yang datang dari Allah. Matematika ilmu pasti yang tidak ada keraguan dari padanya.

Ngomong-ngomong kesalahan, jangan pernah takut untuk berbuat salah. Karena dari kesalahan kita dapat mengetahui kebenarannya seperti apa, atau memaksa kita untuk melakukan sesuatu hal lebih baik, bukan berarti langsung menjadi lebih baik, bisa jadi bertahap.
Kadang lingkungan kita tidak memberikan apa yang benar, sehingga kita tidak memperoleh informasi untuk berbuat benar.
Untuk itu dengan berbuat salah kita dapat melihat reaksi dari lingkungan, dan kita dapat mempelajari lingkungan kita seperti apa. Kita dapat menjauhkan diri kita dari lingkungan yang tidak baik dan mengambil hal positifnya.

Untuk semuanya, jangan pernah berhenti menambah ilmu kita, gak harus sekolah...dari buku sebagai guru yang bisu tapi setia pasti banyak dapat ilmu.......

Terus Tetap Semangat :)

0 Please Leave Comments here: