Breaking News
Loading...
Saturday, 12 September 2015

Info Post
Manusia dikelilingi oleh berbagai persoalan dari segala aktivitasnya, baik dari diri sendiri atau pun persoalan dari orang lain dan lingkungan. Seperti halnya dalam pekerjaan, perasaan iri hati  adalah salah satu penyakit yang mengancam konsentrasi kita dalam bekerja. Dia semacam tumor, yang agak sulit untuk dijinakkan. Setiap manusia pasti memiliki rasa iri  yang dapat menimbulkan efek positif seperti keinginan untuk maju dan juga dapat menimbulkan efek negatif seperti menghalalkan segala cara.
Banyak hal yang menampakkan sifat iri kepada orang lain, seperti ada rasa tidak mau dikalahkan, suka kecewa jika tidak memiliki hal yang sama seperti orang lain, suka risih dan membanding-bandingkan orang lain.

Rasa iri  timbul karena rasa kekecewaan dan ketidakpuasan akan apa yang kita miliki. Biasanya orang yang iri  adalah orang yang tidak senang akan kebahagiaan atau kesuksesan orang lain, hal ini diiringi oleh ketidakmampuan mereka dalam mencapai apa yang diperoleh oleh orang lain tersebut. Iri  adalah penyakit hati yang dapat membunuh hubungan yang terjalin antara sesama rekan kerja atau pun antar saudara dan keluarga.
Banyak kejadian yang merasa iri akan prestasi teman dan rekan kerjanya, bahkan sampai memutuskan hubungan persahabatan hanya karena perasaan iri , dan akhirnya sadar akan kehilangan teman.

Saat saya pernah sharing dengan teman-teman, mereka bilang bahwa sifat iri timbul karena tidak adanya beberapa hal dalam diri kita, yaitu tidak adanya rasa syukur atas apa yang kita miliki, tidak adanya kepercayaan diri untuk melakukan hal-hal besar seperti yang dilakukan oleh orang lain, dan tidak adanya pikiran positif dalam menanggapi kesuksesan orang lain dan lingkungan.

Perasaan iri hati  karena tidak ada bersyukurnya atas apa yang dimiliki saat ini. Padahal kita tahu bahwa Tuhan akan menambah nikmat yang kita peroleh jika kita bersyukur akan apa yang kita miliki saat ini. Rasa syukur akan dapat menimbulkan rasa positif dan ketenangan dalam diri. Rasa syukur akan memberikan ruang positif dalam diri kita, sehingga akan timbul rasa percaya diri dan pikiran positif terhadap lingkungan dan orang lain. Rasa syukur akan memberikan kesempatan untuk fokus pada apa yang akan kita capai agar memiliki prestasi dalam diri sendiri.

Selain itu, rasa iri karena tidak memiliki kepercayaan pada diri sendiri untuk mampu mengelola dan meyakinkan diri agar bisa memperoleh kesuksesan seperti orang lain. Sulit mungkin untuk menimbulkan rasa percaya diri jika kita hanya melihat orang sukses sebagai pesaing dan penghambat jalan kesuksesan kita. Tidak adanya percaya diri disebabkan karena tidak adanya rasa menghargai diri sendiri. Untuk itu ada baiknya kita ambil semua langkah positif yang dapat untuk menaikkan rasa percaya diri.

Timbulnya rasa iri  pada rekan kerja atau pada saudara kita juga dapat disebabkan karena kita tidak dapat memahami orang tersebut. Ada baiknya kita mencoba untuk mengerti jika pada suatu lingkungan kerja, kita merasa bahwa rekan kerja tidak mengikutsertakan kita akan suatu tim, hal tersebut bukan berarti anda tidak dihargai, ada baiknya kita bertanya dan mencoba memahaminya, mungkin saja bidang yang dikerjakan tidak sesuai dengan kita, mungkin saja mereka tidak ingin mengganggu rutinitas padat yang kita jalani. Ada banyak kemungkinan hal positif yang bisa kita pikirkan. Dan belum tentu mereka tidak peduli pada kita. Untuk itu cobalah memahami kondisi rekan kerja atau teman dan juga mencoba koreksi diri sendiri agar tidak timbul rasa iri.

Banyak hal negatif yang dapat ditimbulkan dari rasa iri yang tidak terkendali, seperti tidak mampu menghargai diri sendiri apalagi orang lain, akan timbul penyakit hati lainnya, dan lebih parahnya adalah putusnya hubungan persaudaraan, hilangnya pertemanan.

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan rasa iri kepada sesama rekan kerja, diantaranya memberikan ucapan selamat pada prestasi rekan kerja sebagai ungkapan bahwa kita senang akan kesuksesan rekan kerja, fokus pada pekerjaan kita sehingga kita selalu untuk dapat meningkatkan pembelajaran dan kemampuan diri kita agar mampu memiliki kesuksesan dan prestasi yang baik dalam bekerja, menjauhi lingkungan yang berpikiran negatif, karena lingkungan akan mencemari pikiran kita. Dan selalu membangun kerja sama dengan rekan kerja, bukan membangun perpecahan dan sifat egois sendiri.


Semoga bermanfaat  

\^_^/

by MEYF 

0 Please Leave Comments here: