Manusia dikelilingi oleh berbagai
persoalan dari segala aktivitasnya, baik dari diri sendiri atau pun persoalan
dari orang lain dan lingkungan. Seperti halnya dalam pekerjaan, perasaan iri
hati adalah salah satu penyakit yang
mengancam konsentrasi kita dalam bekerja. Dia semacam tumor, yang agak sulit
untuk dijinakkan. Setiap manusia pasti memiliki rasa iri yang dapat menimbulkan efek positif seperti
keinginan untuk maju dan juga dapat menimbulkan efek negatif seperti
menghalalkan segala cara.
Banyak hal yang menampakkan sifat
iri kepada orang lain, seperti ada rasa tidak mau dikalahkan, suka kecewa jika
tidak memiliki hal yang sama seperti orang lain, suka risih dan
membanding-bandingkan orang lain.
Rasa iri timbul karena rasa kekecewaan dan
ketidakpuasan akan apa yang kita miliki. Biasanya orang yang iri adalah orang yang tidak senang akan
kebahagiaan atau kesuksesan orang lain, hal ini diiringi oleh ketidakmampuan
mereka dalam mencapai apa yang diperoleh oleh orang lain tersebut. Iri adalah penyakit hati yang dapat membunuh
hubungan yang terjalin antara sesama rekan kerja atau pun antar saudara dan
keluarga.
Banyak kejadian yang merasa iri akan prestasi teman dan rekan kerjanya, bahkan
sampai memutuskan hubungan persahabatan hanya karena perasaan iri , dan akhirnya
sadar akan kehilangan teman.
Saat saya pernah sharing dengan
teman-teman, mereka bilang bahwa sifat iri timbul karena tidak adanya beberapa hal dalam
diri kita, yaitu tidak adanya rasa syukur atas apa yang kita miliki, tidak
adanya kepercayaan diri untuk melakukan hal-hal besar seperti yang dilakukan
oleh orang lain, dan tidak adanya pikiran positif dalam menanggapi kesuksesan
orang lain dan lingkungan.
Perasaan iri hati karena tidak ada bersyukurnya atas apa yang
dimiliki saat ini. Padahal kita tahu bahwa Tuhan akan menambah nikmat yang kita
peroleh jika kita bersyukur akan apa yang kita miliki saat ini. Rasa syukur
akan dapat menimbulkan rasa positif dan ketenangan dalam diri. Rasa syukur akan
memberikan ruang positif dalam diri kita, sehingga akan timbul rasa percaya
diri dan pikiran positif terhadap lingkungan dan orang lain. Rasa syukur akan memberikan kesempatan untuk fokus pada apa yang akan kita capai agar memiliki prestasi dalam diri sendiri.
Selain itu, rasa iri karena tidak memiliki kepercayaan pada diri
sendiri untuk mampu mengelola dan meyakinkan diri agar bisa memperoleh
kesuksesan seperti orang lain. Sulit mungkin untuk menimbulkan rasa percaya
diri jika kita hanya melihat orang sukses sebagai pesaing dan penghambat jalan
kesuksesan kita. Tidak adanya percaya diri disebabkan karena tidak adanya rasa
menghargai diri sendiri. Untuk itu ada baiknya kita ambil semua langkah positif
yang dapat untuk menaikkan rasa percaya diri.
Timbulnya rasa iri pada rekan kerja atau pada saudara kita juga
dapat disebabkan karena kita tidak dapat memahami orang tersebut. Ada baiknya
kita mencoba untuk mengerti jika pada suatu lingkungan kerja, kita merasa bahwa
rekan kerja tidak mengikutsertakan kita akan suatu tim, hal tersebut bukan
berarti anda tidak dihargai, ada baiknya kita bertanya dan mencoba memahaminya,
mungkin saja bidang yang dikerjakan tidak sesuai dengan kita, mungkin saja
mereka tidak ingin mengganggu rutinitas padat yang kita jalani. Ada banyak
kemungkinan hal positif yang bisa kita pikirkan. Dan belum tentu mereka tidak
peduli pada kita. Untuk itu cobalah memahami kondisi rekan kerja atau teman dan
juga mencoba koreksi diri sendiri agar tidak timbul rasa iri.
Banyak hal negatif yang dapat
ditimbulkan dari rasa iri yang tidak terkendali, seperti tidak mampu menghargai
diri sendiri apalagi orang lain, akan timbul penyakit hati lainnya, dan lebih
parahnya adalah putusnya hubungan persaudaraan, hilangnya pertemanan.
Ada beberapa tips yang dapat kita
lakukan untuk menghilangkan rasa iri kepada sesama rekan kerja, diantaranya
memberikan ucapan selamat pada prestasi rekan kerja sebagai ungkapan bahwa kita
senang akan kesuksesan rekan kerja, fokus pada pekerjaan kita sehingga kita
selalu untuk dapat meningkatkan pembelajaran dan kemampuan diri kita agar mampu
memiliki kesuksesan dan prestasi yang baik dalam bekerja, menjauhi lingkungan
yang berpikiran negatif, karena lingkungan akan mencemari pikiran kita. Dan
selalu membangun kerja sama dengan rekan kerja, bukan membangun perpecahan dan
sifat egois sendiri.
Semoga bermanfaat
\^_^/
by MEYF
0 Komentar