Breaking News
Loading...
Friday, 8 March 2013

Info Post

Kopi...mendengar namanya aja, aromanya sudah kecium, rasanya yang bikin menggoda. Yah kopi, saya pecinta kopi, sangat menyukai kopi. Walaupun kadang membuat badan menggigi karena zat kafein yang terkandung di dalamnya.

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan biji kopi. Kopi pertama kali ditemukan di benua Afrika oleh bangsa Etiopia sekitar 3000 tahun yang lalu atau 1000 SM. Saat ini kopi merupakan minuman terpopuler di dunia yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat. Penghasil kopi terbesar di dunia saat ini adalah Brazil.

Sejarah mencatat bahwa 1000 SM seorang saudagar Arab membawa masuk biji kopi ke Timur Tengah pertama kalinya. Selanjutnya menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Tahun 1690, bangsa Belanda mendistribusikan dan membudidayakan kopi di Indonesia yaitu di Jawa.

Biji kopi memiliki dua varietas yaitu kopi Arabika dan kopi Robusta. Kopi arabika merupakan kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Kopi ini berasal dari Etiopia berukuran kecil dan berwarna hijau hingga warna merah gelap. Sedangkan biji kopi lainnya adalah robusta yang merupakan kopi kelas dua karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam dan mengandung kafein yang lebih tinggi. Namun ada jenis kopi ketiga yang merupakan subvarietas atau turunan dari kopi robusta dan arabika, yaitu kopi luwak.

Kopi luwak merupakan kopi dengan harga tertinggi di dunia. Kopi luwak diperoleh dari hasil fermentasi biji kopi dalam perut luwak ( sejenis musang). Pada dasarnya kopi ini merupakan jenis kopi arabika yang dimakan oleh luwak, namun tidak semua biji kopi dicerna dalam perut luwak. Setelah bertahan lama dalam perut luwak, biji kopi yang telah mengalami fermentasi oleh bakteri alami dalam perutnya akan keluar bersama kotorannya. Nah karena inilah kopi luwak memberikan cita rasa tambahan yang unik.


Ada berbagai jenis minuman kopi, yang paling sering didengar diantaranya : 
- Cappucino, merupakan kopi dengan campuran susu, krim dan serpihan coklat. 
- Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengeksresi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi.
- Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.
- Kopi tubruk berasal dari Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama gula.
- Kopi mocca, sama seperti moccacino dan capucino hanya saja mocca ditambah sirup coklat.
- Dry cappucino, merupakan cappucino dengan sedikit krim dan tanpa susu.

Masih banyak jenis kopi lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa tempat minum kopi yang paling sering dikunjungi adalah Starbuck. Jadi kepengen minum kopi..

0 Please Leave Comments here: