Breaking News
Loading...
Thursday, 6 February 2014

Info Post

Tidur …Semua makhluk hidup yang bertulang belakang membutuhkan tidur. Saat lelah setelah beraktivitas, istirahat yang paling baik adalah tidur. Saat tidur kondisi kita dalam keadaan kurang atau tidak ada kesadaran dan aktivitas tubuh. Saraf dan otot dalam keadaan tidak bekerja penuh atau istirahat. Tidur merupakan keadaan alami yang selalu berulang dilakukan oleh makhluk hidup. Banyaknya waktu tidur makhluk hidup terutama manusia tergantung pada beberapa faktor, diantaranya jenis kelamin, usia, kesehatan, daya tahan tubuh dan aktivitas mental.

Percaya atau tidak, tidur merupakan hal terpenting yang harus kita lakukan secara berulang-ulang. Merupakan kebutuhan terpenting setelah udara dan air. Menurut penelitian, kurang tidur atau bahkan sering tidak tidur dapat mempercepat kematian karena efeknya bagi kesehatan dan sistem imun/kekebalan tubuh yang menurun.

Pada umumnya bayi yang baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16 jam/hari, pada usia 6 bulan bayi membutuhkan waktu tidur selama 13 jam/hari, pada usia remaja memerlukan waktu tidur sekitar 9 jam/hari dan pada usia dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam sehari. Jadi semakin bertambah usianya semakin berkurang waktu tidurnya. Jika kita hitung waktu ideal tidur orang dewasa selama 8 jam, berarti 1/3 hari atau 33,3% waktu dalam sehari kita gunakan untuk tidur dan 1/3 hidup kita gunakan untuk tidur. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya tidur bagi kita.

Namun tidak setiap hari kita mampu tidur pada waktu ideal tersebut di atas. Kadang kita tidur melebihi 8 jam dan kadang kurang dari 5 jam. Jika kita sering tidur dalam waktu yang tidak ideal baik terlalu lama atau pun terlalu sedikit akan memberikan efek negatif bagi tubuh kita dan juga lingkungan. Misalnya saja saat kita mengendarai kendaraan dalam kondisi mengantuk akibat kurang tidur maka akan rentan terjadi kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Saya sendiri sering tidur tidak sesuai dengan waktu idealnya. Bahkan sering kurang dari 5 jam dan ada yang melebihi 8 jam. Memang hal ini memberikan efek negatif bagi kesehatan saya. Terutama susah saat mengontrol konsentrasi dan emosi. Aktivitas sehari-hari pun akan menurun karena cepat lelah. Dan tidak jarang saya selalu mengkonsumsi minuman berkafein yang dapat membangkitkan energi untuk beraktivitas. Tentu hal ini tidaklah baik bagi kesehatan karena mengkonsumsi minuman berkafein setiap hari.


Berikut beberapa manfaat dari tidur, diantaranya:

  1. Tidur dapat menyegarkan badan setelah beraktivitas. Tidur yang cukup sama halnya dengan berolah raga. Saat tidur otot akan menjadi rileks dan beristirahat dari tugasnya. Proses pemulihan jaringan pun berlangsung lebih cepat, sehingga sangat baik jika kondisi tubuh cedera untuk tidur. Setelah bangun dari tidur, tubuh akan terasa segar dan memiliki energi serta semangat yang tinggi untuk beraktivitas kembali.
  2. Tidur dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi saat beraktivitas dan berpikir. Saat tidur otak memiliki kesempatan untuk memperbaiki neuron-neuron atau sel-sel otak yang rusak. Tidur juga merupakan bentuk pemanasan bagi otak kita untuk bersiap-siap melakukan aktivitas kembali. Begitu juga dengan memori atau daya ingat kita, otak menyusun kembali semua data-data dalam memori untuk dapat  menemukan solusi terhadap masalah yang kita hadapi. Disaat kita menghadapi masalah, kita merasa pusing dan bingung, maka tidurlah sejenak dan memori kita akan siap untuk berpikir dan memecahkan solusi dari masalah yang kita hadapi.
  3. Tidur dapat membantu produksi hormon dalam tubuh. Saat tidur kondisi tubuh sangat relaks, sehingga memperlancar aliran darah. Produksi hormon dalam darah pun dapat dihasilkan secara seimbang.
  4. Tidur membuat kulit menjadi cerah. Saat tidur yang cukup melancarkan aliran darah keseluruh tubuh. Dan tingkat metabolisme kulit dipercepat dan banyak sel-sel tubuh menunjukkan peningkatan dan mengurangi kerusakan protein. Sehingga tidur yang cukup pada malam hari dapat mempercantik kulit. Dan dengan tidur yang cukup lingkar gelap pada mata yang mengurangi kecantikan tidak akan terlihat.
  5. Tidur dapat  meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sel tubuh mengalami perbaikan dan terjadinya peningkatan sistem kekebalan tubuh (imun) serta protein tertentu selama tidur. Seperti sistem kekebalan tubuh yang dapat membunuh kanker yaitu Tumour Necrosis Factor (TNF) yang dipompa melalui darah saat tidur, sehingga dapat membantu melawan terjadinya infeksi pada tubuh kita. Tidur yang kurang dari 7 jam juga sangat rentan terkena flu.
  6. Tidur menurunkan tekanan darah. Saat tidur aktivitas berkurang dan pikiran terasa lebih tenang sehingga tekanan darah menurun. Saat tidur tekanan darah normal akan berkurang yaitu tekanan darah berkurang kira-kira 20%-30% dan denyut jantung berkurang kira-kira 10% - 20%. Sehingga terhindar dari penyakit jantung koroner, stroke dan diabetes.
  7. Tidur juga dapat menurunkan berat badan karena saat tidur fungsi metabolisme dan otak terus bekerja. Metabolisme paling tinggi terjadi disaat kita tidur. Aktivitas metabolisme tubuh akan membakar kalori pada tubuh kita. Selain itu jika kita tidur tidak dalam waktu ideal akan mempengaruhi tidak seimbangnya produksi hormon tertentu dalam tubuh yang dapat mempengaruhi selera makan.
Masih banyak manfaat tidur bagi kesehatan.
Nah... untuk itu gunakanlah waktu tidur dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana pandangan Islam terhadap tidur. Di dalam Islam tidak ada satu aktivitas pun yang tidak diatur yang tujuannya semata-mata untuk kebaikan kita. Dalam Al Quran kita dianjurkan untuk tidur. Dalam Al Qur’an surat Al Furqaan ayat 47 bahwa “Dialah yang menjadikan malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” Tidur sangat dianjurkan dalam Islam karena memberikan dampak yang bagi bagi kesehatan kita. Bahkan tidurpun bisa menjadi Ibadah jika kita mengikuti sunnah nabi dalam adab-adab tidur. 

Dilain hal, Rasulullah SAW membenci tidur di dua waktu. Pertama, setelah shalat shubuh, waktu ini adalah awalnya hari dan waktu turunnya rezeki. Kedua, diantara waktu setelah shalat magrib dan shalat Isya. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Barzah RA bahwa Rasulullah SAW membenci tidur sebelum isya dan bercerita selepasnya. (HR Bukhari 568 dan Muslim 647). Salah satu alasannya karena takut akan terlewat waktu shalat Isya akibat dari tidur. Namun beberapa pendapat ulama membolehkan tidur sebelum Isya khusus dibulan Ramadhan saja.


Ayoo...gunakan waktu tidur yang cukup, jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu lama dari waktu ideal. Waktu tidur yang baik adalah dimalam hari, bukan disianghari akibat begadang dimalam hari. Bagi yang suka bergadang seperti saya, mulailah untuk mengubah kebiasaan yang tidak baik demi menjaga kesehatan agar aktivitas maksimal.




0 Please Leave Comments here: