Breaking News
Loading...
Wednesday, 5 November 2014

Info Post
Tulisan ini muncul saat saya melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan (hal positif) dan bahkan tidak memiliki keahlian daripadanya. Pernahkah Anda melakukan sesuatu hal yang demikian? Dan apa yang Anda rasakan saat seseorang menyuruh Anda melakukannya? Apakah Anda menolak atau sebaliknya? Apakah Anda merasa itu sebuah tantangan atau hanya buang waktu saja?

Semua orang punya keahlian tersendiri yang berbeda dengan orang lain. Ada yang bersikeras bahwa keahliannya hanya sebatas apa yang biasa dia kerjakan tanpa berani mencoba mengerjakan hal baru lainnya. Menurut saya semua orang memiliki lebih dari satu keahlian, hanya saja tergantung pada persepsi dari yang menjalani apakah dia yakin mampu atau tidak dan juga apakah ada keberanian untuk melakukan keahlian lainnya atau tidak. Terlepas dari gagal atau berhasil dari apa yang dilakukan tersebut.

Kita tahu bahwa semua makhluk Tuhan tidak akan terlepas dari kesalahan. Untuk itu janganlah takut salah akan melakukan sesuatu hal. Saya orang yang suka melanggar, karena dengan hal inilah saya tahu apa yang benar. Pertama kali terjun ke dunia kerja, saya sering melakukan kesalahan akan pekerjaan baik tidak sengaja atau pun disengaja. Kesalahan bagi saya adalah guru yang mengajarkan saya untuk melakukan hal yang benar.  Namun diluar itu performance dan kinerja tetap harus dijaga.

Sangat hebat seseorang yang tidak pernah mengatakan tidak bisa sebelum dia melakukannya. Karena dia tidak akan tahu kemampuannya jika tidak mencoba terlebih dahulu. Lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali, paling tidak kita memiliki pengalaman dan pelajaran akan hal tersebut. Tapi jangan coba-coba melakukan sesuatu hal yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain jika hal tersebut diluar batas kewajaran.

Sebelum melakukan hal yang baru ada baiknya kita mencari informasi dan sharing dengan orang lain mengenai hal tersebut, sehingga paling tidak kita sudah membekali sedikit ilmu untuk melakukannya. Selain itu siapkan diri untuk melakukan hal baru tersebut, percaya diri dan keyakinan yang kuat akan berhasil, serta motivasi diri adalah kunci utama untuk mampu melakukannya. Abaikan semua bisikan yang akan membuat kita gagal dan anggaplah hal baru sebagai sebuah tantangan positif untuk mengenali potensi diri. Anda akan rasakan hal yang luar biasa saat Anda mampu melakukan keahlian yang baru tersebut.

Tuhan menciptakan kita dengan berbagai jenis keahlian, tinggal kita yang harus mengenal dan menggali keahlian-keahlian tersebut. Baik melalui bacaan, pertemanan, perhatian, pendidikan, pengalaman diri sendiri dan orang lain atau pun hal lainnya yang sedang Anda kuasai saat ini.

Hal yang paling bodoh adalah memberikan berbagai macam alasan kenapa tidak melakukanhal baru dengan memperlihatkan keadaan bahwa Anda benar untuk tidak mau melakukannya, padahal Anda belum mencobanya. Namun hal yang paling hebat adalah melakukannya sebagai bentuk tantangan yang memberikan pengalaman dan pengajaran yang baru. Berhasil atau pun tidak, kita sudah berada pada level yang lebih tinggi dari orang yang tidak berani melakukannya.


By MEYF

0 Please Leave Comments here: