Breaking News
Loading...
Tuesday, 5 March 2013

Info Post

Nah sekarang saya mo sharing lagi nih…

Coba perhatikan Gambar 1 di bawah ini, gambar apakah yang dapat Anda lihat?
Gambar 1
Pasti yang pertama Anda lihat adalah gambar bapak tua berambut dan berjenggot warna putih sambil mengelus dadanya. Benar bukan? Nah coba perhatikan Gambar 2 di bawah ini, kira-kira gambar apakah yang Anda lihat?
Gambar 2
Saya bisa tebak, yaitu gambar lukisan wajah orang. Benar bukan? Nah coba Gambar 3 berikut ini, kira-kira gambar apakah yang Anda lihat?

Gambar 3
Kemungkinan gambar yang Anda lihat adalah dua orang kakek dan nenek yang saling berhadapan. Apakah Anda yakin hanya itu yang dapat Anda lihat dari ketiga gambar tersebut? Apakah tidak ada gambar lain yang dapat dijelaskan oleh gambar tersebut? Coba perhatikan Gambar 3 dengan seksama. Pertama yang Anda lihat adalah kakek dan nenek berambut putih yang saling menatap. Coba perhatikan lagi gambarnya. Tidakkah anda melihat ada dua orang bertopi besar sedang duduk bersandar pada sebuah kendi besar. Pria yang duduk di sebelah kanan gambar sambil memegang gitar, dan terlihat dibelakangnya ada seorang wanita yang berdiri di pintu dan sebelah kiri terdapat seorang pria yang sedang duduk sambil memegang topinya. Anda belum yakin, ayo coba lihat lagi.

Dari hal ini, kita simpulkan bahwa dalam satu gambar memiliki lebih dari satu makna. Begitu juga dalam kehidupan bahwa segala hal yang terjadi dalam kehidupan kita dapat dilihat dari berbagai sisi, tidak hanya satu sisi tetapi harus cover both side. Atau mungkin cover more than both side. Kita dalam memberikan penilaian terhadap suatu hal janganlah terburu-buru namun kita harus mencari informasi sebanyak mungkin dan mengamatinya.

Berpikir seperti ini kita kenal dengan nama “Think out of the box”. Pasti Anda sudah sering mendengarnya. Kita diajak berpikir tidak hanya menurut kebiasaan yang ada, namun kita harus bisa melihat dari hal yang biasa dan hal tidak biasa menjadi hal yang biasa. Wright bersaudara memiliki ide yang mustahil dan bahkan orang mungkin beranggapan bahwa idenya adalah ide gila. Ide mereka adalah membuat orang bisa terbang ke angkasa seperti burung. Tentu saja hal ini tidak mungkin terjadi, karena manusia tidak memiliki sayap dan memiliki massa tubuh yang berat. Namun siapa yang menyangka, karena ide dari Wright bersaudara terciptalah pesawat terbang.  Hal ini menunjukkan bahwa berpikir diluar kebiasaan dapat menghasilkan suatu hal yang luar biasa hebatnya.
Think Out Of The Box


Seperti pengalaman saya saat masih bekerja di sebuah perusahaan swasta di departemen HR, dimana karyawan yang masih membiasakan diri terhadap kebiasaan lama. Jika ada perlakuan yang berbeda terhadap sesuatu hal yang belum tentu menghasilkan kesalahan, mereka akan langsung mengkomplain hal tersebut karena dianggap sebagai suatu hal yang tidak wajar. Mereka hanya bisa melihat dari satu sisi, tidak dapat melihat dari sisi lain apalagi menerimanya. Kecendrungan untuk tidak mengubah kebiasaan lama berkaitan dengan keengganan untuk tidak mengubah kepercayaan dan pandangan yang sudah dimiliki manusia. Padahal cara-cara lama mungkin saja sudah jauh tertinggal dan kita harus bisa menerima cara-cara baru yang jauh lebih hebat.

Seperti pada ketiga gambar yang diperlihatkan di atas, Gambar 1 dan Gambar 2 bukan hanya gambar bapak tua berjenggot putih dan bukan hanya lukisan wajah. Namun coba lihat sisi lainnya, bahwa pada gambar pertama ada seorang ibu yang sedang menggendong anaknya dan pada gambar kedua terdapat seorang pria yang sedang bermain saxophone. Sungguh luar biasa bukan jika kita dapat melihat dari sisi pandang lainnya.

Kita berpikir diluar kotak (Think out of the box) maksudnya adalah bagaimana kita berpikir dan menciptakan ide diluar kebiasaan yang ada dan untuk menjawab suatu tantangan yang ada. Hal ini didorong dengan perkembangan zaman semakin maju dan pemasalahan dari waktu ke waktu tidaklah sama, dan tidak mungkin menggunakan cara-cara yang sama dengan yang lama. Sangat penting untuk mencoba keluar dari cara berpikir in the box. Orang yang berpikir in the box hanyalah sebagai pengikut, tidak kreatif dan selalu monoton dalam menanggapi suatu masalah.

Nah bagaimanakah caranya agar kita dapat berpikir Out Of The Box. Menurut pengalaman, sharing dan beberapa referensi yang pernah saya pelajari, ada banyak hal yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah
  • -         Fokus dan percaya diri terhadap apa yang Anda kerjakan
  • -        Jangan membuat batasan-batasan dalam pikiran Anda dan berani mengerjakan hal-hal yang menantang
  • -       Jangan takut dianggap aneh dan jangan takut akan resiko
  • -        Melakukan diskusi, bertanya dan mencari referensi sebanyak mungkin serta belajar dari pengalaman.

Masih banyak lagi hal lain yang dapat kita lakukan agar berpikir out of the box. Jangan takut untuk berbeda dengan orang lain, selalu berpikir smart dan berpikir kreatif. Coba perhatikan contoh berikut ini. 

Kita tahu bahwa matematika adalah ilmu pasti yang semuanya sudah ditentukan dengan pasti. Sebut saja 1 +1 pasti jawabannya adalah 2. Tapi bisa saja kita menyanggah bahwa jawabannya bukan 2 yaitu 11. Hal ini tentu tidak salah dan benar jika penjumlahan dalam bilangan biner. Untuk itu banyak sisi pandang yang berbeda yang belum tentu salah dan tentu saja dapat kita terima.

Saya menulis blog ini bukan hanya untuk dishare, namun saya juga harus bisa membiasakan diri dalam berpikir di luar kotak. Karena kreatifitas, kecerdasan dan  hal luar biasa dan cara pandang dan berpikir di luar kotak sangatlah diperlukan di era sekarang.

Creativity is inventing, experimenting, growing, taking risks, breaking rules, making mistakes, and having fun.” — Mary Lou Cook.

0 Please Leave Comments here: