Breaking News
Loading...
Thursday, 11 September 2014

Info Post
Senyum, semua kita sebagai manusia pasti pernah tersenyum. Senyum adalah salah satu ekspresi wajah saat kita merasa bahagia atau menerima suatu keadaan dengan senang. Senyum kadang terjadi untuk menutupi rasa malu yang ditunjukkan melalui mulut, gigi atau pun mata. Rasulullah SAW bersabda bahwa “Tersenyum ketika bertemu saudara kalian adalah termasuk sedekah.”
Tersenyum adalah sesuatu hal yang sangat sepele namun kadang sulit dilakukan oleh sebagian orang. Harus diperhatikan juga bahwa jangan terlalu keseringan tersenyum tanpa sebab yang memberikan persepsi negatif dari orang kepada kita. Banyak manfaat dari tersenyum baik untuk kesehatan, psikologis, sosial atau pun agama.

Pernah kita memberikan senyuman kepada orang lain bahkan orang yang belum kita kenal. Tentu perasaan bahagia yang kita terima saat mereka membalas senyuman kita. Mungkin sama bahagianya saat kita mendapatkan kabar berita baik atau pun hadiah. Saat kita sendiri dalam keadaan sedih, cobalah untuk tersenyum, pasti akan terasa perubahan positif dalam diri kita.

Tersenyum itu memiliki manfaat yang banyak dalam diri kita dan lingkungan sekitarnya. Menurut Guillaume Duchenne, seorang ahli neurologi Perancis bahwa senyuman dapat menggerakkan otot-otot bagian mulut, pipi dan mata. Dalam kesehatan saat tersenyum maka 16 otot muka digerakkan untuk membentuk senyuman manis dan 43 otot muka digerakkan untuk membentuk muka masam (cemberut). Jelas perbandingan yang besar dan membutuhkan energi lebih banyak saat kita cemberut dibandingkan tersenyum.

Menurut Davis dan Palladino bahwa ekspresi wajah saat tersenyum mempengaruhi emosi dan perlakuannya. Bayi tersenyum sebanyak 400 kali dibandingkan orang dewasa yang hanya 15 kali. Betapa indahnya dan senangnya hati kita saat melihat bayi tersenyum. Saat tersenyum juga mengeluarkan endorphins sejenis zat kimia yang dihasilkan oleh otak untuk mengurangi rasa sakit. Karena itulah senyum bisa meningkatkan mood kita dan juga menghilangkan rasa stress yang buruk.
Percayakah kita bahwa senyum itu dapat menular bagaikan suatu penyakit yang ditularkan melalui virus. Bahkan lebih cepat penularannya dibandingkan penyakit yang berbahaya. Namun senyum adalah penyakit bahagia, senyum menyebarkan virus kebahagiaan dan kesenangan. Saat kita senyum virus kebahagiaan akan tertular kepada orang yang kita beri senyum, sehingga mereka pun mengidap virus kebahagiaan dengan memberikan senyuman kepada kita.

Penelitian dari Pusat kesehatan California menjelaskan bahwa mengenai stress. Stress terbagi atas dua yaitu stress baik dan stress yang buruk. Senyum adalah termasuk stress yang baik. Ada fakta indah lainnya mengenai senyum, Marianne LaFrance mengatakan bahwa wanita tersenyum lebih banyak dibandingkan pria, dan wanita mampu mendeteksi senyum palsu dan tulus dari seseorang.
Betapa indahnya jika kita tersenyum, hal sepele namun memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kita dan lingkungan. Dan dalam Islam tersenyum adalah salah satu bentuk ibadah sedekah kepada orang lain. Maka tersenyumlah...

Lirik lagu Raihan “Senyum”
Senyuman... Senyuman.Senyum Tanda Mesra. Senyum Tanda Sayang. Senyumlah.. Sedekah Yang Paling Mudah. Senyum Di Waktu SusahTanda Ketabahan. Senyuman Itu Tanda Keimanan. Senyumlah Senyumlah Senyumlah Senyumlah. Hati Yang Gundah Terasa Senang. Bila Melihat Senyum Hatikan Tenang. Tapi Senyumlah Seikhlas Hati. Senyuman Dari Hati Jatuh ke  Hati....

By MEYF


Reference :
ms.wikipedia.org/wiki/Senyum

http://lirik.kapanlagi.com/artis/raihan/senyum

0 Please Leave Comments here: